Kenangan Indah Katon Bagaskara Bersama sang Kakak Andre Manika

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 33 2447923 kenangan-indah-katon-bagaskara-bersama-sang-kakak-andre-manika-59zl9HuLxD.jpg Katon Bagaskara. (Foto: Instagram)

KATON Bagaskara, adik mendiang Andre Manika, mengaku sangat sedih atas kepergian sang kakak untuk selamanya. Andre, menurut Katon, menjadi orang yang menginspirasinya dalam bermusik.

"Dari aku kelas 6 SD, aku sudah lihat Mas Andre bikin lagu, main gitar, bikin puisi pakai tulisan tangan. Jadi lewat dia jugalah sebetulnya aku mengenal musik," kenang Katon tentang Andre Manika, melalui sambungan telepon pada MNC Portal, Kamis (29/7/2021).

Tak hanya itu, dunia musik yang benar-benar ditekuni Andre Manika banyak meng-influence Katon untuk jadi musisi besar di kemudian hari. Terlebih, melihat kesuksesan Andre setiap kali dia mengaransemen lagu.

 andre manika

"Berkat yang diberi Tuhan untuk Mas Andre di dunia musik benar-benar luar biasa. Apapun yang dia buat, selalu menang di kompetisi vokal grup Gereja tingkat nasional. Saya jadi saksi hidup keberhasilan beliau," ujar Katon.

"Padahal, ayah kami yang berlatar belakang militer tidak suka dengan minat Mas Andre di bidang musik. Pernah Mas Andre dipindahkan sekolahnya ke Jawa Tengah. Tapi, karena bakatnya ada di sana, meski dipindahkan, Mas Andre bikin grup vokal juga di sana dan kembali sukses," tambah Katon.

Baca Juga: Katon Bagaskara dan Nugie Berduka, Andre Manika Pencipta Lagu Negeri di Awan Meninggal

Meski terinspirasi dari Andre Manika, Katon pun menyadari bahwa arah hidupnya berbeda dengan sang kakak. Ya, dirinya lebih memilih jalur musik Pop, sedangkan sang kakak musik Rohani.

"Kita punya jalan yang berbeda memang, tapi akar musik saya banyak bersumber dari apa yang saya lihat dan pelajari lewat Mas Andre. Kita sama-sama suka musik, tapi beda panggilannya," kata Katon.

Kini, sang kakak telah berpulang. Memori indah yang dimiliki Katon bersama Andre Manika akan menjadi kenang-kenangan indah dalam sejarah hidupnya.

Andre Manika, seorang musisi sekaligus pencipta lagu, mengembuskan napas terakhir Rabu 28 Juli 2021 pukul 19.00 WIB. Menurut keluarga, Andre meninggal dunia dalam keadaan tertidur di rumah kerabatnya di Sukorejo, Jawa Tengah.

Jenazah Andre Manika pun akan dimakamkan di Giriloyo, Magelang, Jawa Tengah. Keluarga hanya bisa menyaksikan prosesi pemandian jenazah hingga oemakaman lewat video call.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini