Festival Film Indonesia 2021 Bakal Hadirkan 4 Kategori Baru

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 206 2441214 festival-film-indonesia-2021-bakal-hadirkan-4-kategori-baru-ulBAwFOMa8.jpg Festival Film Indonesia 2021 (Foto: FFI)

JAKARTA - Ajang penghargaan bergengsi untuk insan perfilman Tanah Air, Festival Film Indonesia (FFI) 2021 hadir mengusung tema Sejarah Film dan Media Baru dengan subtema Beralih Masa Bertukar Rasa Film Indonesia.

Mengenai pemilihan tema, Reza Rahadian sebagai Ketua Komite FFI menjelaskan bahwa sejarah film Indonesia merupakan perjalanan karya yang perlu diingat untuk jadi bahan renungan bersama.

Baca Juga:

Wulan Guritno Pakai Bra Pink Pas Lagi Treadmill, Netizen: Mantap, ABG Kalah

Glenca Chysara Blakblakan Jawab Cinlok dengan Rendi Jhon di Momen Ultah

FFI 2021

"Jadi pelajaran berharga, tidak hanya bagi pelaku tapi juga seluruh ekosistem perfilman dalam pencapaian film Indonesia di era berkembangnya media baru saat ini," ujar Reza dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021).

Dalam penjurian, Komite FFI menambahkan kategori baru, yakni Film Favorit, Aktor Favorit, Aktris Favorit, dan Kritik Film. Kategori Favorit ini akan melibatkan masyarakat untuk terlibat aktif memeriahkan FFI, berkaitan dengan tema media baru.

"Dalam keterbatasan menyapa masyarakat secara langsung, kamo membuka kategori Film Favorit, Aktor Favorit dan Aktris Favorit yang dipilih lewat media sosial," kata Ketua Bidang Penjurian, Garin Nugroho.

Pendaftaran film akan dibuka mulai 15 Juli hingga 30 Agustus 2021, yang bisa dilakukan melalui situs www.festivalfilm.id. Dilanjutkan dengan proses seleksi dan penjurian yang akan berlangsung mulai 30 Agustus hingga 10 Oktober.

Sementara, malam penghargaan akan digelar pada 10 November 2021. Hari Pahlawan dinilai tepat sebagai momentum untuk mengusulkan Usmar Ismail, tokoh perfilman Indonesia yang melahirkan FFI sebagai pahlawan nasional.

Menghadirkan FFI yang ke-2 kali di tengah pandemi covid-19 tentu menjadi tantangan bagi anggota komite dan asosiasi yang mendukung lainnya. Mereka bertekad menggelar acara dengan menetapkan protokol kesehatan ketat dan fleksibel terhadap kebijakan pemerintah.

"Tahun lalu FFI diselenggarakan khusus dengan menghadirkan para nominee, jaga jarak sudah pasti, prokes juga dijaga. Tentu masih sama dengan agenda kali ini, terkecuali ada aturan baru dari pemerintah ya pasti akan menyesuaikan," kata Reza.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini