Nadine Chandrawinata Minta Pemerintah Turun Tangan Perjuangkan Kelestarian Laut

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 33 2422077 nadine-chandrawinata-minta-pemerintah-turun-tangan-perjuangkan-kelestarian-laut-GUYra4WApY.jpg Nadine Chandrawinata (Foto: IG Nadine Chandrawinata)

JAKARTA - Nadine Chandrawinata merupakan salah satu artis yang diketahui gemar traveling. Akan tetapi, Nadine bukan hanya traveling semata, melainkan juga bersama-sama mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.

Misalnya, saat berlibur dan melakukan diving, Nadine dan kawan-kawan komunitasnya pun kerap mengangkut sampah laut yang dapat menyebabkan ekosistem laut tercemar. Tak hanya itu, ia juga berusaha untuk selalu melakukan kampanye terkait kelestarian bumi, baik darat maupun lautannya.

Akan tetapi, ia berpikir bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas. Sehingga jika hanya komunitas yang memberikan kampanye dan edukasi mengenai kelestarian lingkungan, rasanya tidak akan berdampak ke daerah-daerah terpencil.

Karenanya, kakak kandung si kembar Marcell dan Mischa Chandrawinata ini berharap agar pemerintah mau turun tangan terkait isu lingkungan tersebut. Terutama pemerintah daerah setempat.

"Indonesia luas, negara kepulauan dan banyak pilihannya. Jadi untuk menjaga semuanya susah juga. Itu membutuhkan bantuan dari pemerintah sebetulnya dan terutama pemerintah daerah untuk menjaga daerahnya sendiri," jelas Nadine dalam diskusi seru 'Cerita Kita: Save Our Oceans, Save the World' bersama Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo, Selasa (8/6/2021).

Jika pemerintah daerah ikut turun tangan dalam menangani isu lingkungan, mereka dapat mengeluarkan segenap peraturan baik bagi warga lokal maupun wisatawan.

"Misalnya memberikan sanksi kalau ada yang sembarangan masuk ke daerahnya dan berniat merusak, dan menjaga ketegasan seperti enggak boleh buang sampah sembarangan, enggak boleh ambil binatang dari daerah itu, kemudian budayanya juga dijaga," ujar Nadine.

Karena sejatinya, menurut Nadine, Indonesia yang dianugerahi alam yang indah dan luas ini tidak bersifat abadi. Sehingga sebagus apapun Indonesia, jika masyarakatnya tidak bekerjasama untuk melestarikan lingkungan, maka keindahan Indonesia pun bisa rusak.

"Semua itu harus dibantu pemerintah daerah dan masyarakatnya juga harus sadar betul apa yang Indonesia punya enggak abadi. Bisa hilang kalau kitanya sembarangan," tukas Nadine.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini