Bela Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo Ungkap Adab Bangunkan Sahur di Zaman Nabi

Lintang Tribuana, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 33 2400199 bela-zaskia-adya-mecca-hanung-bramantyo-ungkap-adab-bangunkan-sahur-di-zaman-nabi-nGyURN9n2N.jpg Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo (Foto: IG Zaskia Adya Mecca)

JAKARTA - Sutradara Hanung Bramantyo terkena imbas masalah sang istri, Zaskia Adya Mecca yang mengkritik cara membangunkan sahur dengan berteriak lewat toa masjid. Hal ini terlihat dari kolom komentar di Instagramnya.

Unggahan itu berisi trailer film animasi Adit & Sopo Jarwo The Movie, proyek terbaru Hanung. Namun, ada netizen yang beralasan tak mau menonton karena permasalahan Zaskia memprotes toa masjid.

Baca Juga:

Usai Protes Toa Masjid, Warga Lintasi Rumah Zaskia Mecca: Bangunin Sahur Diomelin

Zaskia Adya Mecca Protes Cara Bangunkan Sahur Teriak-Teriak dengan Toa Masjid

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo

"Maaf ya enggak bakal ditonton sebelum ada kata maaf dari istri sampean yang enggak suka sama toa dari masjid," komentar netizen itu, dikutip pada Sabtu (24/4/2021).

Komentar netizen itu memancing kekesalan Hanung. Ayah enam anak itu membela Zaskia karena merasa sang istri tak salah.

"Istri saya tidak salah. Saya harus bela. Anda Islam bukan? Kalau Anda Islam, semua ada syariatnya. Membangunkan sahur ada hukumnya," tulis Hanung.

"Sesungguhnya Bilal melakukan adzan di malam hari (sebelum subuh) untuk membangunkan orang yang tidur di antara kalian dan orang yang tahajud bisa kembali istirahat (untuk persiapan subuh) HR. Nasai, 2170," tulisnya lagi.

Jadi, menurut Hanung, apa yang dilontarkan Zaskia bukan kesalahan, karena memang dalam membangunkan sahur ada tata caranya, yakni tanpa berteriak.

"Jadi enggak ada tuh bangunin sahur pakai toa: sahur! Sahur! Yang ada hanya dengan adzan. Dan itupun dengan suara merdu. Dalam hadits disebutkan: Bilal bin Rabah yang diminta Rosul beradzan," tuturnya.

Hanung pun meluruskan bahwa yang diprotes Zaskia bukan karena toa masjidnya. Melainkan tata cara membangunkan sahurnya.

Seperti diketahui, Zaskia sebelumnya mengritik kegiatan membagunkan sahur dengan berteriak lewat toa masjid. Ibu empat anak itu bertanya-tanya apakah itu cara yang pantas.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi hits katanya. Terus etis enggak sih pakai toa masjid bangunin model begini?" tulis Zaskia di Instagram pada 22 April 2021.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini