Joseon Exorcist Batal Tayang, Saham YG Entertainment dan SBS Anjlok

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 206 2385361 joseon-exorcist-batal-tayang-saham-yg-entertainment-dan-sbs-anjlok-VUc4Zbzkls.jpg Joseon Exorcist batal tayang membuat harga saham YG Entertainment dan SBS anjlok di pasar modal. (Foto: YG STUDIOPLEX/SBS)

SEOUL - Keputusan membatalkan penayangan Joseon Exorcist, membuat harga saham SBS dan YG Entertainment anjlok di pasar modal. Korea Exchange mencatat, nilai pasar agregat kedua perusahaan itu mencapai KRW1,23 trilun pada 26 Maret 2021. 

Bandingkan dengan nilai pasar agregat kedua perusahaan itu pada 22 Maret silam, yang mencapai KRW1,3 triliun. Dengan begitu, ada penurunan sekitar KRW71,6 miliar untuk nilai pasar agregat kedua perusahaan tersebut, pada 26 Maret 2021. 

Joseon Exorcist. (Foto: SBS)

Tak hanya itu, harga saham YG Entertainment juga anjlok sebesar 5,63 persen akibat Joseon Exorcist batal tayang. Sementara SBS, juga harus merelakan sahamnya tergelincir di angka 5,24 persen. 

Sekadar informasi, YG STUDIOPLEX yang menggarap produksi Joseon Exorcist merupakan anak usaha dari YG Entertainment. Sementara SBS adalah stasiun TV yang menayangkan drama tersebut. 

SBS resmi batal menayangkan Joseon Exorcist secara permanen, pada 26 Maret 2021. Keputusan itu diambil setelah publik mengecam penggunaan properti dan kuliner China dalam salah satu adegan drama tersebut. 

Joseon Exorcist. (Foto: SBS)

Baca juga: Penayangan Joseon Exorcist Dibatalkan, Sutradara Minta Maaf

Tak hanya itu, beberapa ahli sejarah dan budaya Negeri Ginseng itu menilai ada beberapa adegan dalam drama tersebut yang dinilai mengaburkan sejarah Korea Selatan. 

Mengingat produksi Joseon Exorcist sudah rampung 80 persen, YG STUDIOPLEX diprediksi mengalami kerugian sebesar KRW32 miliar atau sekitar Rp407,5 miliar. Di lain pihak, Hong Se Jong, researcher Shinhan Investment memproyeksikan SBS merugi hingga KRW7 miliar (Rp89,2 miliar) karena tidak jadi merilis 14 episode yang tersisa. 

Joseon Exorcist. (Foto: SBS)

Kondisi ini membuat para penggemar drama Korea cukup resah. Apalagi tersiar kabar bahwa permasalahan ini akan berdampak pada drama yang akan tayang selanjutnya. 

Drama Snowdrop yang diperankan Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK juga dikabarkan berpotensi mengaburkan fakta sejarah seputar gerakan demokrasi Korea Selatan yang terjadi pada 1987. Proyek itu dinilai berpotensi meremehkan gerakan pro-demokrasi di Negeri Ginseng tersebut.*

Baca juga: Istri Bams Bantah Selingkuh dengan Hotma Sitompul

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini