Kaleidoskop 2020: 10 Film Blockbuster yang Tayang di Tengah Pandemi COVID-19

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 206 2331547 kaleidoskop-2020-10-film-blockbuster-yang-tayang-di-tengah-pandemi-covid-19-nJ2TBf7EP5.jpg Wonder Woman 1984 merupakan salah satu film yang tayang di bioskop tahun ini. (Foto: Warner Bros.)

JAKARTA - Industri perfilman Hollywood menjadi salah satu sektor yang merasakan imbas pandemi COVID-19. Proses produksi film terhambat hingga pengunduran jadwal tayang sederet film blockbuster sepanjang tahun 2020. 

Namun, beberapa distributor film raksasa tetap merilis beberapa film mereka meski performanya harus cukup terseok di box office. Cukup dapat dimaklumi, mengingat bioskop di seluruh dunia tutup untuk mencegah penularan virus Corona. 

Lalu, film apa saja yang tetap tayang sepanjang tahun 2020? Ini ulasannya untuk Anda. 

Bad Boys for Life

Aksi duet detektif Mike Lowrey (Will Smith) dan detektif Marcus Burnett (Martin Lawrence) ini tayang di bioskop pada 17 Januari 2020, sebelum pandemi COVID-19 melanda negeri Paman Sam. 

Bad Boys for Life. (Foto: Columbia Pictures)

Pada pekan perdana penayangannya, Bad Boys for Life meraih pendapatan sebesar USD59,1 juta atau setara dengan Rp807,5 miliar. Film tersebut juga merajai box office Amerika Utara sepanjang periode 17-19 Januari 2020. 

Sonic The Hedgehog

Setelah melewati kritik panjang dan perbaikan, Paramount Pictures akhirnya merilis Sonic The Hedgehog di box office Amerika Utara, pada 14 Februari 2020. Hanya dalam waktu 3 hari setelah penayangan perdananya, film ini meraup pendapatan sebesar USD57 atau sekitar Rp804 miliar. 

Sonic The Hedgehog. (Foto Paramount Pictures)

Sonic The Hedgehog mengisahkan petualangan Sonic bersama teman barunya, Tom Wachowski untuk menghentikan Dr. Robotnik yang ingin menguasai dunia. Pengisi suara dalam film animasi ini adalah Ben Shwartz, Jim Carrey, dan James Marsden.

Onward

Animasi karya rumah produksi Pixar ini tayang perdana di box office Amerika Utara pada 6 Maret 2020. Pada minggu pertama debutnya di bioskop Amerika Utara, film tersebut hanya menghasilkan USD39 juta (Rp549,8 miliar) 

Onward. (Foto: Pixar/Disney)

Sayang, setelah itu performanya melempem karena Amerika Utara menutup seluruh bioskop akibat pandemi COVID-19. Sepanjang penayangannya, film itu hanya mengumpulkan USD141 juta di seluruh dunia. Hasil itu bahkan tak menutupi biaya produksi Onward yang mencapai USD175 juta. 

Film ini berkisah tentang kakak beradik, Barley dan Ian Lightfoot yang menjalankan misi untuk menemukan sisa keajaiban dunia. Chris Pratt mengisi suara Barley, sementara lakon Ian dialihsuara oleh Tom Holland.

Baca juga: Paramount Pictures Garap Sekuel Sonic the Hedgehog

Mulan

Disney telah menunda penayangan Mulan beberapa kali. Awalnya, film ini dijadwalkan tayang perdana pada 27 Maret 2020, namun akhirnya rilis pada 4 September 2020 melalui platform digital Disney+.

 Mulan. (Foto: Disney)

Film yang dibintangi Liu Yifei ini diproduksi dengan biaya sekitar USD200 juta atau setara Rp2,8 triliun. Kisahnya diadaptasi dari legenda China The Ballad of Mulan, yang sempat diproduksi dalam versi animasi pada 1998. 

Tenet

Film karya Christoper Nolan ini menghabiskan anggaran produksi sekitar USD200 juta dengan pendapatan mencapai USD361,4 juta di seluruh dunia.

 Tenet. (Foto: Warner Bros.)

Tenet dibintangi oleh John David Washington, Robert Pattinson, hingga Kenneth Branagh. Menceritakan tentang aksi mata-mata untuk mencegah terjadinya perang dunia III.

The New Mutants

Film pahlawan super bertema horor thriller ini awalnya direncanakan rilis pada 2018. Setelah berkali-kali ditunda, akhirnya baru ditayangkan di bioskop Amerika pada 28 Agustus 2020. 

The New Mutants.

The New Mutants merupakan spin-off dari X-Men. Kisahnya tentang Anya Taylor-Joy, Maisie Wiliams, Henry Zaga, Blu Hunt, dan Charlie Heaton yang mengetahui fakta bahwa mereka bukan manusia biasa.

Antebellum

Film horor yang disutradarai Gerard Bush ini tayang melalui Video on Demand (VOD) pada 21 Agustus 2020. Menceritakan tentang seorang penulis yang terjebak dalam mimpi buruk dan tak ada jalan keluar. 

Antebellum.

Penyanyi Janelle Monae membintangi film yang menelan biaya produksi sekitar Rp203 miliar ini. Artis lainnya adalah Jena Malone, Eric Lange, dan Jack Huston.

The Witches

Film yang dibintangi Anne Hathaway ini dirilis melalui platform digital HBO Max pada 23 Oktober 2020. Berkisah tentang penyihir yang telah merencanakan aksi untuk melenyapkan anak-anak dari muka bumi.

The Witches.

Sutradara Robert Zemeckis berkolaborasi dengan Guillermo del Toro dan Kenya Barris menghidupkan novel klasik yang juga berjudul The Witches. Selain Anne Hatheway, artis yang membintangi film ini adalah Octavia Spencer, Stanley Tucci, dan Jahzir Kadeem.

Bill & Ted Face The Music

Film terakhir dari seri Bill & Ted yang dibintangi Keanu Reeves dan Alex Winter ini tayang di bioskop dan VOD, pada 28 Agustus 2020.

Bill and Ted.

Kisahnya menceritakan petualangan Bill dan Ted dalam perjalanan waktu. Seseorang dari masa depan mengingatkan mereka bahwa hanya lagu mereka yang bisa menyelamatkan keduanya.

Wonder Woman 1984

Meski pandemi masih melanda, Warner Bros merilis Wonder Woman 1984 di bioskop Indonesia pada 16 Desember 2020, lebih awal dari Amerika Utara yang baru akan rilis pada 25 Desember.

Wonder Woman.

Film yang dibintangi Gal Gadot ini menghabiskan biaya produksi sekitar Rp2,8 triliun. Mengisahkan tentang Diana Prince alias Wonder Woman yang terlibat konflik dengan Uni Soviet era 1980-an.*

Baca juga: Adipati Dolken Nikahi Canti Tachril dengan Maskawin Logam Mulia 32 Gram

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini