Film Perempuan Tanah Jahanam Terpilih Wakili Indonesia di Piala Oscar 2021

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 206 2307477 film-perempuan-tanah-jahanam-terpilih-wakili-indonesia-di-piala-oscar-2021-yU7aGgUkoR.jpg Perempuan Tanah Jahanam (Foto: Base Entertainment)

JAKARTA - Film Perempuan Tanah Jahanam terpilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia (The Indonesian Oscar Selection Committe) untuk berlaga di Piala Oscar ke-93, untuk kategori The International Feature Award.

Karya sutradara Joko Anwar ini terpilih dari 59 film yang sebelumnya sudah disaring oleh komite. Base Entertainment, Ivanhoe Pictures, CJ&M Division, dan Rapi Films turut memproduksi film yang dirilis pada 17 Oktober 2019 tersebut.

Baca Juga:

Kaleidoskop 2019: 5 Film Indonesia Paling Laris

Joko Anwar Beri Petunjuk Kelanjutan Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam


Film Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan tentang Maya (Tara Basro) yang hidup di kota tanpa keluarga dan memiliki sahabat bernama Dini. Saat usaha bersama, mereka membutuhkan modal lebih.

Maya yang mendengar informasi bahwa kemungkinan dia memiliki warisan keluarga di desa, akhirnya memutuskan pergi bersama sang sahabat ke kampung halamannya.

Pemilihan ini ditetapkan pada 15 Oktober lalu, bertepatan dalam rapat terakhir komite yang dibentuk pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) itu. Mereka diketahui mulai bekerja sejak 10 September 2020.

Menurut Garin Nugroho selaku ketua komite, diskusi antar anggota berlangsung sangat alot. Dia pun berharap untuk kemajuan sinema Indonesia lewat film yang akan berlaga di Oscar ke-93.

"Selamat atas wakil Indonesia di Oscar ke-93. Semangat atas kebersamaan terus menghidupkan sinema Indonesia di negeri sendiri dan dunia," kata Garin, dalam rilis yang diterima Okezone.

Selain Garin Nugroho, ada 12 anggota komite yang berpartisipasi. Di antaranya adalah Alim Sudio, Tya Subiakto, Benni Setiawan, Widyawati, Chand Parwez, Yudi Datau, Deddy Mizwar, Zairin Zain, Hanung Bramantyo, Ilham Bintang, Sentot Sahid, dan Tittien Wattimena.

Indonesia telah berpartisipasi mengikuti ajang Piala Oscar untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak tahun 1987. Kategori ini merupakan penghargaan yang diberikan Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat.

Hingga tahun 2019, tercatat ada 21 film Indonesia yang ikut berlaga dalam Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Namun, belum ada yang berhasil menembus nominasi penghargaan tersebut.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini