Jerinx SID Dituntut 3 Tahun Penjara Atas Kasus 'IDI Kacung WHO'

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 33 2303363 jerinx-sid-dituntut-3-tahun-penjara-atas-kasus-idi-kacung-who-MxAAmYLbTy.jpg Jerinx (Foto: Instagram)

DENPASAR - Drummer grup band Superman Is Dead (SID), I Gede Ari Astina alias Jerinx, menghadapi sidang pembacaan tuntutan pada hari ini, Selasa (3/11/2020) di Pengadilan Negeri Denpasar. Dalam sidang, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Jerinx dengan hukuman pidana penjara selama 3 tahun.

Bukan hanya dituntut 3 tahun penjara atas kasus ujaran kebencian pada Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Jerinx juga dituntut membayar denda sebanyak Rp10 juta subsidair tiga bulan kurungan.

"Menuntut Majeis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar supaya menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda Rp10 juta subsidair tiga bulan kurungan, dikurangi selama terdakwa ada dalam tahanan dengan perintah tetap berada dalam tahanan," ujar Otong Hendra Rahayu, selaku JPU, di PN Denpasar, Selasa (3/11/2020), dilansir dari iNews.

 

Baca Juga: Harapan Nora Alexandra Jelang Ulang Tahun Pertama Pernikahan

Tak hanya itu, JPU juga menilai bahwa Jerinx terbukti bersalah lantaran menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa benci serta permusuhan.

Ia bahkan dituntut bersalah dan melakukan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 28 ayat 2 dan Pasl 45 ayat 1 Undang-Undang Nomot 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Atas tuntutan tersebut, Jerinx dan tim kuasa hukumnya akan mengajukan nota pembelaan atau pledoi dalam persidangan berikutnya, yang jatuh pda 10 November 2020 mendatang.

 

"Kami akan menyampaikan pledoi baik dari penasehat hukum maupun saya pribadi," ucap Jerinx.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini