RCTI+ Sajikan Drama Radio Cerita Suara Tutur Tinular Pelangi di Atas Kurawan

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 598 2297152 rcti-sajikan-drama-radio-cerita-suara-tutur-tinular-pelangi-di-atas-kurawan-RSVLR1ivAo.jpg Tutur Tinular (Foto: RCTI+)

JAKARTA - Aplikasi RCTI+ menyajikan beberapa cerita radio menarik untuk bisa diperdengarkan oleh para pengguna. Salah satunya ialah Drama Radio Kolosal Cerita Suara Tutur Tinular Pelangi di Atas Kurawan.

Berkisah tentang latar belakang sejarah runtuhnya Singasari dan berdirinya kerajaan Majapahit. Serial lengkap suara Tutur Tinular dapat disaksikan mulai dari episode 1 hingga 30.

Baca Juga:

Sinopsis Episode 35 Cerita Suara Tutur Tinular di RCTI+

Sinopsis Episode 32 Cerita Suara Tutur Tinular

Tutur Tinular


Cerita dimulai sejak tahun 1208 Masehi, saat kekuasaan Raja Kertanegara telah mencapai puncaknya, dan kerajaan Singasari semakin mengembangkan sayap kekuasaannya di luar pulau Jawa. Sayangnya, Raja Kertanegara masih belum merasa puas, hingga akhirnya pasukan Singasari berangkat ke negeri seberang untuk memulai perang.

Selang 6 tahun setelah menaklukan negeri Melayu, Kertanegara mengeluarkan Prasasti Camunda.

"Singasari bukanlah lagi tempurung, melainkan telah berganti wajah menjadi sebuah kapal perang yang ditakuti negeri-negeri lain," ucap Kertanegara.

Kertanegara berpendapat bahwa pekerjaan yang baik sudah sepantasnya mendapatkan hadiah atau penghargaan. Sedangkan pekerjaan buruk sudah seharusnya diberikan hukuman sebagai peringatan.

Berdasarkan pendapatnya tersebut, Kertanegara akan memberikan imbalan kepada yang membantunya. Melihat perilaku Kertanegara, Ganggadara nampak bangga, lalu memuji sikapnya yang terlihat hebat, tegas, dan berani. Tak hanya Ganggadara, Jarawaha pun memiliki pemikiran sama terhadap sosok Kertanegara.

"Dengan dibuatnya Prasasti Camunda, semakin tampak kearifan dan kebijaksanaan beliau seorang Raja besar bersedia menekuk leher menundukkan wajah untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada bawahannya itulah yang luar biasa," jelas Jarawaha.

Saat itu, Pranaraja datang ke barak prajurit guna menemui Jarawaha serta Ganggadara. Pranaraja lalu menyuruh mereka menemui Mpu Hanggareksa, sebelum menuju perbatasan Kota untuk bertemu Jaran Lejong dan Jarang Bangkal di sebuah penginapan.

Penasaran dengan kelanjutannya, dengarkan Cerita Suara Tutur Tinular Pelangi di Atas Kurawan episode 1 melalui Radio+ di aplikasi RCTI+ atau link berikut ini. Dan segera download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk mendengarkan Cerita Suara Tutur Tinular dan konten-konten menarik lainnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini