Sinopsis Film Kartini, Tokoh Emansipasi Wanita Indonesia

Evan Oktavianus, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 206 2263438 sinopsis-film-kartini-tokoh-emansipasi-wanita-indonesia-ciuS4NnX6j.jpg Film Kartini. (Foto: Legacy Pictures/Screenplay Film)

JAKARTA - Raden Ajeng Kartini, nama yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, terumata untuk kaum hawa. Merupakan tokoh kebangkitan kesetaraan derajat perempuan yang dulu direndahkan, perjuangan Kartini di masa sekarang dapat menjadi semangat bagi kaum perempuan.

Film Kartini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dapat menggaet beberapa bintang film terkenal seperti Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Acha Septriasa, Reza Rahardian, Adinia Wirasti, dan masih banyak lagi.

Film ini adalah kisah nyata perjuangan Kartini. Di Indonesia awal tahun 1900 Masehi, wanita tidak diperbolehkan memperoleh pendidikan tinggi, bahkan untuk para Ningrat sekalipun.

Film Kartini.

Saat itu, wanita ningrat bakal jadi Raden Ayu dan menikah dengan seorang pria ningrat. Kartini (Dian Sastrowardoyo) tumbuh dengan melihat langsung ibu kandungnya, Ngasirah (Christine Hakim) dianggap seperti pembantu di rumah sendiri, hanya karena tidak mempunyai darah ningrat.

Baca juga:

Sinopsis Film Soekarno, Perjuangan Bapak Bangsa Merebut Kemerdekaan

Kartini berjuang sepanjang hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, serta hak pendidikan bagi semua orang, terutama untuk perempuan.

Bersama dua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita), Kartini membuat sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya.

Film Kartini adalah perjalanan penuh emosional dari sosok Kartini yang harus melawan tradisi yang dianggap sakral, bahkan menentang keluarganya sendiri untuk memperjuangkan kesetaraan hak untuk semua orang di Indonesia.

Rating IMDb: 7.7/10 dari 335 penilai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini