Sinopsis Sang Kiai, Perjuangan Umat Islam Melawan Penjajahan Jepang

Evan Oktavianus, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 206 2259094 sinopsis-sang-kiai-perjuangan-umat-islam-melawan-penjajahan-jepang-ztihsx2xHs.jpg Sang Kiai. (Foto: Rapi Film)

JAKARTA - Sang Kiai adalah salah satu film Indonesia yang memperoleh banyak prestasi, baik penghargaan untuk alur cerita filmnya, hingga kinerja apik pemerannnya.

Film ini memenangkan sejumlah penghargaan di Festival Film Indonesia tahun 2013, di antaranya film terbaik, sutradara terbaik hingga aktor pendukung terbaik.

Disutradarai oleh Rako Prijanto, Sang Kiai berhasil mendapatkan nilai 6.7/10 di situs IMDb. Film ini juga menggaet beberapa aktor ternama Indonesia seperti Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, dan aktor muda berbakat Adipati Dolken.

Sang Kiai.

Baca juga:

Sinopsis DreadOut, Aksi Nekat Berujung Malapetaka

Film ini mengambil setting waktu saat penjajahan Jepang. Jepang ingin menanamkan Ajaran Seikerei atau menyembah matahari ke masyarakat Indonesia. Hal ini membuat umat Islam memberontak.

KH Hasyim Asyari (Ikranagara) dicurigai atas pemberontakan tersebut yang membuat ia ditahan. Penahanan tersebut membuat santri Tebuireng yang dipimpin oleh KH Hasyim Asyari marah.

Tidak hanya itu, santri di Jawa dan Madura juga ikut bergejolak. Harun (Adipati Dolken) memimpin demo di depan pos Jepang. Akibat perlawasan itu, KH Hasyim Asyari dipindah tahanan ke pos Mojokerto.

Berbeda dengan Harun, KH Wahid Hasyim (Agus Kuncoro) berusaha membebaskan para kiai dengan cara musyawarah.

Sang Kiai.

Di tengah kesengsaraan mereka, apakah mereka bisa menemukan celah untuk kemerdekaan Indonesia?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini