5 Fakta di Balik Film 13 Hours: The Secret Soldier of Benghazi

Evan Oktavianus, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 206 2257375 5-fakta-di-balik-film-13-hours-the-secret-soldier-of-benghazi-wBaq8lbwMV.jpg 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi. (Foto: Paramount Pictures/Rottentomatoes)

JAKARTA - Film 13 Hours: The Secret Soldier of Benghazi merupakan film biografi bergenre aksi drama peperangan yang telah rilis dari tahun 2016. Film ini disutradarai oleh Michael Bay yang terkenal lewat film Armagedon (1998) dan beberapa film Transformers.

Berikut fakta-fakta terkait film 13 Hours: The Secret Soldier of Benghazi:

1. Berdasarkan Kisah Nyata

Film 13 Hours didasari pada sebuah peristiwa nyata, yakni serangan yang terjadi di Benghazi, Libya pada tanggal 11 September 2012, malam hari. Kejadian tersebut merupakan upaya pertahanan kedutaan di Libya yang diserang oleh organisasi radikal setempat.

Kala itu, gejolak politik di Libya sedang panas-panasnya. Sehingga para prajurit harus bisa menyelamtkan warga negara Amerika Serikat untuk bisa selamat dan pulang ke Amerika Serikat. Dalam kejadian tersebut, beberapa prajurit dan staf kedutaan tewas dan membuat warga Amerika berduka.

2. Durasi Film

Sebelumnya, film ini dibuat dengan durasi 4 jam. Namun, karena dinilai terlalu lama durasi film dikurangi menjadi 144 menit.

13 Hours.

3. Tak Sesuai Ekspektasi

Penonton berpendapat bahwa Bay cukup gagal dalam menggarap film ini. Pasalnya, penonton kurang dapat merasakan suasana real yang ada di pertempuran aslinya.

Dengan anggaran biaya USD50 juta, film ini hanya mendapatkan penghasilan sebesar USD69,4 juta. Dengan hal tersebut, ini merupakan pendapatan terendah sepanjang karir Bay sebagai sutradara.

Baca juga:

Sinopsis After, Toxic Relationship di Masa Remaja

Sinopsis Mission Impossible: Fallout, Mencegah Ledakan Bom Nuklir

4. Sinopsis dan Rating

Film ini bercerita tentang peperangan yang terjadi pada tahun 2012 di Banghezi, Libya. Konflik besar muncul setelah lengsernya Perdana Menteri Muammar Khadafi (Moutaouakil Mohammed) yang sudah berkuasa selama hampir 42 tahun. Selama konflik tersebut berlansung, tempat yang paling aman adalah kedutaan besar Amerika Serikat yang berada di Benghazi, Libya.

Untuk mempertahankan keamanan kantor kedutaan dan warga Amerika di Libya, CIA menyewa enam orang mantan pasukan elit tentara, di antaranya Tyrone S. Woods (James Badge Dale), Jack Da Silva (John Krasinski), Mark Geist (Max Martini), John Tiegen (Dominic Fumusa), Kris Paronto (Pablo Schreiber), dan Dave Benton (David Denman).

Misi mereka awalnya berjalan dengan lancar dan mulus, namun menjadi sulit ketika adanya kemunculan gerakan separatis yang beroparasi dari bawah tanah dan warga Libya yang sentimen terhadap Amerika Serikat. Tujuan para pemberontak tersebut yaitu membunuh duta besar Amerika di Libya, Christopher Stevens (Matt Letscher).

13 Hours.

Para pasukan Amerika yang lebih dahulu di Libya juga tidak bisa membantu enam pasukan rahasia tersebut sepenuhnya. Keenam pasukan rahasia tersebut juga harus bisa menyelamatkan duta besar Amerika dan membawanya pulang ke Amerika dalam waktu 13 jam, yang diberikan oleh CIA. Apakah mereka berhasil untuk menjalankan tugasnya?

5. Rating dan Nominasi Penghargaan

Film 13 Hours ini berhasil mendapatkan rating 7.3/10 dari 114.293 penilai di situs IMDb, sedangkan di situs Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan 51 persen penilaian.

Film ini berhasil mendapatkan nominasi Best Sound Mixing pada Academy Awards ke-89, meskipun akhirnya gagal menang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini