Shia LaBeouf Dituding Lecehkan Warga Hispanik Lewat The Tax Collector

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 206 2242606 shia-labeouf-dituding-lecehkan-warga-hispanik-lewat-the-tax-collector-QTS60ga369.JPG Shia LaBeouf dalam The Tax Collector. (Foto: RLJE Films)

LOS ANGELES - Aktor Shia LaBeouf kembali menjadi buah bibir publik. Bukan karena tingkah nyeleneh atau kehidupan asmaranya, kali ini dia dikritik karena penampilannya dalam film The Tax Collector

Kritik bermula ketika RLJE Films merilis teaser The Tax Collector di YouTube, pada 2 Juli silam. Dalam teaser itu, LaBeouf yang berperan sebagai gangster bernama Creeper tampil dengan warna kulit lebih coklat dari biasanya.

 The Tax Collector. (Foto: RLJE Films)

Penampilan yang ingin mendekati fisik warga keturunan Hispanik (masyarakat yang menggunakan bahasa Spanyol) itu, membuat publik beranggapan, Shia LaBeouf dan tim produksi film itu sengaja melecehkan ras tertentu. 

"Teaser The Tax Collector terlihat keren. Tapi kenapa mereka menggunakan aktor kulit putih untuk  berperan sebagai gangster Hispanik? Dalam gerakan anti-rasial saat ini, aku rasa pemilihan Shia LaBeouf tak terlalu tepat," ujar seorang warganet.

Pengguna Twitter lain mengatakan, "Muak dengan orang-orang dan rumah produksi seperti @DavidAyerMovies #shialabeouf @RLJEfilms yang membuat film seperti @MovieTax dan menampilkan budaya Hispanik dengan serampangan."

The Tax Collector. (Foto: RLJE Films)

Baca juga: Sinopsis Film Eagle Eye, Thriller Misteri Dibintangi Shia LaBeouf

"Kalian bahkan tidak berusaha mencari aktor Hispanik untuk peran itu. Lihat saja deretan nama dalam kredit film itu. #TheTaxCollector memalukan. #PelecehanWargaHispanik," tutur warganet itu menambahkan.

Namun pengguna Twitter lain coba memberikan pandangan netral soal pemilihan Shia LaBeouf sebagai gangster Hispanik dalam The Tax Collector. "Aku bingung saja dengan orang-orang yang menyebut Shia LaBeouf melakukan pelecehan dalam film itu, " kata seorang pengguna Twitter. 

Warganet itu menambahkan, "Bahkan mereka memanggil aku guero (orang kulit putih) karena tidak bisa berbahasa Spanyol. Aku menyukai karya kalian dan tak sabar menunggu perilisan The Tax Collector." 

Lainnya menuliskan, "Sangat disayangkan Hollywood tak punya banyak aktor Chicano (sebutan untuk aktor keturunan Meksiko). Tapi ya terima kasih untuk pria kulit putih (Shia LaBeouf) yang bergabung dalam proyek itu dan pada akhirnya menyelamatkan keseluruhan film." 

The Tax Collector. (Foto: RLJE Films)

Mengusung genre thriller-crime, The Tax Collector berkisah tentang David (Bobby Soto) dan Creeper (Shia LaBeouf), dua pemungut upeti dari para gangster di Los Angeles. Mereka bekerja untuk bos gangster bernama Wizard yang bisnisnya nyaris bangkrut. 

Selain Soto dan LaBeouf, The Tax Collector juga dibintangi oleh Cinthya Carmona dan George Lopez.*

Baca juga: Chris Evans dan Lily James Tepergok Habiskan Malam Bersama di London

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini