5 Ajang Penghargaan Terdampak Corona, dari BAFTA hingga Piala Oscar

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 598 2232016 5-ajang-penghargaan-terdampak-corona-dari-bafta-hingga-piala-oscar-2cNACkveDq.jpg Piala Oscar (Foto: Google)

JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) tidak hanya memberikan dampak terhadap bidang kesehatan namun juga industri hiburan. Beberapa event penghargaan harus ditunda untuk mencegah resiko penularan.

Disisi lain beberapa acara masih digelar namun menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan digelar secara virtual. Berikut beberapa event penghargaan yang terdampak Covid-19, seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (18/6/2020).

1. BAFTA

 

British Academy Film Awards (BAFTA) awalnya akan digelar pada 14 Februari 2021. Pihak penyelenggara mengkonfirmasi bahwa acara akan diundur pada 11 April 2021 karena Covid-19.

Acara ini kabarnya akan digelar diruang tertutup dengan penerapan physical distancing. Sementara itu untuk penayangan hingga penerimaan penghargaan akan dilakukan secara virtual untuk mengurangi resiko penularan Covid-19.

2. Piala Oscar

 

Academy Awards atau Piala Oscar ke-93 awalnya akan digelar pada 18 Februari 2021, namun ditunda hingga 25 April 2020. Menariknya, ini bukan pertama kalinya gelaran Oscar ditunda. Ini keempat kalinya dalam seluruh sejarah mereka bahwa Oscar telah ditunda.

Sebelumnya, mereka pertama kali ditunda pada tahun 1938 karena banjir besar di Los Angeles dan kemudian pada tahun 1968, setelah pembunuhan Dr Martin Luther King, Jr. Terakhir kali Piala Oscar ditunda adalah pada tahun 1981. Upacara penghargaan ditunda selama 24 jam karena upaya pembunuhan terhadap Presiden Ronald Reagan.

Dengan perpanjangan waktu periode kelayakan tersebut, David Rubin selaku Presiden Academy Awards dan Dawn Hudson, CEO Academy Awards berharap para pembuat film bisa menyelesaikan karya filmnya jadi lebih baik lagi.

3. Grammy Awards

 

Grammy Awards kabarnya akan tetap digelar pada Januari 2021, namun penyelenggaraannya akan lebih ketat. Bukan hanya dari sisi protokol kesehatan, namun juga kelayakan nominasia. Menurut rilis Recording Academy, anggota komite yang menominasikan artis untuk Grammy harus menyatakan terlebih dahulu apakah mereka memiliki keuangan, ikatan keluarga atau ikatan lain dengan artis yang dipertimbangkan. Nantinya jika ada ikatan akan mengakibatkan orang tersebut dilarang ikut serta dalam Grammy mendatang.

4. Nickelodeon Kids' Choice Awards

 

Nickelodeon Kids' Choice Awards tahun ini ditunda karena pandemi virus corona. Acara ini harusnya digelar pada 22 Maret 2020 di Inglewood, Los Angeles. Pihak penyelenggara telah mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan seluruh yang terlibat dalam acara tersebut.

5. Emmy Awards

 

Gelaran Emmy Awards ke-72 tampaknya tetap akan digelar ditengah pandemi virus corona (Covid-19). Acara tersebut akan diadakan pada 20 September 2020 dan disiarkan melalui saluran TV ABC. Pihak penyelenggara juga telah menetapkan Jimmy Kimel sebagai host Emmy Awards kali ini.

Jimmy sendiri mengaku masih belum mengetahui bagaimana acara tersebut digelar dalam situasi sekarang ini. Menurut beberapa sumber acara tersebut paling mungkin digelar secara virtual, alih-alih di auditorium yang mengumpulkan banyak orang.

 

Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebelumnya acara rencananya akan digelar di Microsoft Theater, Los Angeles, California.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Andmesh Sabet 3 Trofi Billboard Indonesia Music Awards 2020

Penyanyi pendatang baru jebolan Rising Star Indonesia Andmesh Kamaleng menghibur penonton di acara Billboard Indonesia Music Awards 2020

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini