Komentar Anti-Transgender dari JK Rowling yang Tuai Kecaman

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 33 2229083 komentar-anti-transgender-dari-jk-rowling-yang-tuai-kecaman-gFWw1dxS8I.jpeg JK Rowling (Foto: Twiter JK Rowling)

LOS ANGELES - Penulis buku Harry Potter, JK Rowling mendapatkan kritik dari berbagai pihak. Ini lantaran cuitannya yang bernada anti-transgender beberapa waktu lalu. Bahkan bintang Harry Potter Daniel Radcliffe dan Emma Watson juga turut mengkritisi, meski dibesarkan oleh karya JK Rowling.

Dikutip dari laman Press Herald, Jumat (12/6/2020) Rowling awalnya mengunggah tautan artikel dengan tajun 'Opini: Menciptakan Dunia yang Lebih Setara Pasca-COVID-19 untuk Kaum yang Mengalami Menstruasi"pada 6 Juni 2020.

Baca Juga:

Deretan Komentar Bintang Harry Potter soal Tweet Anti-Transgender JK Rowling

JK Rowling Ungkap Pernah Jadi Korban KDRT & Kekerasan Seksual

JK Rowling

Lalu Rowling mengomentari artikel tersebut, ia mengungkapkan seharusnya ada kejelasan gender di situ bukan disebutkan orang yang mengalami menstruasi.

"Kaum yang mengalami menstruasi.' Aku yakin ada kata untuk menggambarkan ini. Tolong bantu aku. Wumben? Wimpund? Woomud? (memelesetkan woman dalam bahasa Inggris)," tulis Rowling.

Ia kemudian dikritik karena mengesampingkan fakta bahwa terdapat wanita yang secara fisik menyerupai pria namun mengalami menstruasi.

Menurut situs DW, ini bukan pertama kalinya Rowling dikritik lantaran masalah anti-transgender tersebut. Kembali pada 2018, Rowling pernah menghadari kritik karena menykau tweet yang menyebut wanita trans yakni pria berpakaian.

Tidak hanya itu, pada Desember 2019 Rowling juga mendukung periset Maya Forstater, yang kehilangan pekerjaannya setelah mengatakan bahwa pria tidak bisa berubah menjadi wanita.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini