JK Rowling Ungkap Pernah Jadi Korban KDRT & Kekerasan Seksual

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 33 2228699 jk-rowling-ungkap-pernah-jadi-korban-kdrt-kekerasan-seksual-WHZvW3IPO4.jpg JK Rowling (Foto: AP)

LOS ANGELES - JK Rowling mengaku pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan pelecehan seksual. Hal tersebut terjadi ketika ia masih berusia 20 tahunan.

"Aku sudah dikenal publik selama lebih dari 20 tahun dan tidak pernah berbicara secara terbuka mengenai kekerasan rumah tangga dan korban pelecehan seksual," kata dia seperti dilansir dari laman Mirrror, Jumat (12/6/2020).

JK Rowling

Penulis 54 tahun itu memang tak mengungkap siapa pelaku kekerasan terhadapnya. Namun yang jelas, Rowling mengalami KDRT di pernikahannya dengan suami pertama, Jorge Arantes.

"Ini bukan karena aku malu hal itu terjadi padaku, tapi karena mengingatnya membuatku trauma. Aku juga merasa protektif pada anakku dari pernikahan pertama," ungkap Rowling.

Baca Juga:

- Emma Watson Ikut Kritisi JK Rowling Terkait Cuitan Anti-Transgender

- Hot Gosip: Lidya Pratiwi Ganti Identitas hingga Sayang Aurel Hermansyah untuk Krisdayanti

"Aku tak ingin mengklaim kepemilikan penuh pada cerita yang juga miliknya. Tapi, beberapa waktu lalu, aku bertanya padanya bagaimana jika aku jujur pada publik soal ini dan dia mendukungku," lanjutnya.

Rowling beralasan baru mengungkap masalah ini ke publik sekarang karena ingin berbagi pengalaman. Penulis cerita hits Harry Potter tersebut membantah mencari simpati publik.

"Aku membahas ini sekarang bukan untuk mendapatkan simpati, tapi karena solidaritas dengan wanita-wanita yang juga memiliki sejarah sepertiku," pungkasnya.

Dalam sebuah wawancara tahun 2000, Jorge Arantes mengaku pernah menampar Rowling dengan sangat keras pada November 1993. Selain itu, ia juga mengusir Rowling dari kediaman mereka di Porto, Portugal.

(LID)

BERITA FOTO
+ 6

THE BEST PHOTO OF THE WEEK: Lucunya Anak-Anak Ini Pakai Kostum Harry Potter

Sejumlah anak mengenakan pakaian tokoh terpopuler film Harry Potter dalam sebuah acara di Monterrey, Meksiko, Minggu (5/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Daniel Becerril)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini