Emma Watson Ikut Kritisi JK Rowling Terkait Cuitan Anti-Transgender

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 33 2228443 emma-watson-ikut-kritisi-jk-rowling-terkait-cuitan-anti-transgender-Yj96nboSCZ.jpg Emma Watson. (Foto: Istimewa)

LOS ANGELES - Emma Watson ikut mengkritisi cuitan JK Rowling yang bernada anti-transgender. Tak sependapat dengan penulis buku Harry Potter tersebut, Watson mendukung komunitas transgender.

Dikutip dari laman RTE Entertainment, Kamis (11/6/2020), Watson mengungkapkan bahwa para transgender juga layak menjalani kehidupan mereka tanpa diskriminasi di masyarakat.

"Orang trans adalah yang mereka katakan dan layak menjalani kehidupan mereka, tanpa terus-menerus ditanyai atau diberitahu bahwa mereka bukan siapa yang mereka katakan," kata Watson di akun Twitter-nya.

Watson juge mengajak para penggemarnya untuk menyumbang ke badan amal mermaids untuk membantu anak-anak transgender.

Sebelumnya, JK Rowling mendapatkan kritik keras lantaran cuitannya yang berbau anti-transgender. Pada Sabtu, 6 Juni 2020, ia mengunggah tautan artikel dengan judul "Opini: Menciptakan Dunia yang Lebih Setara Pasca-COVID-19 untuk Kaum yang Mengalami Menstruasi."

Emma Watson.

Kemudian Rowling mengomentari bahwa seharusnya ada kejelasan gender di situ, bukan disebutkan orang yang mengalami menstruasi.

Baca juga: Daniel Radcliffe Komentari Tweet JK Rowling yang Anti-Transgender

"Kaum yang mengalami menstruasi.' Aku yakin ada kata untuk menggambarkan ini. Tolong bantu aku. Wumben? Wimpund? Woomud? (memelesetkan woman dalam bahasa Inggris)," kata Rowling.

Rowling dikecam anti-transgender lantaran menyisihkan wanita yang secara fisik tidak mengisyaratkan wanita, namun mengalami menstruasi atau transmale.

Lalu, pada Desember 2019 ia menyuarakan dukungannya untuk seorang peneliti yang dipecat setelah mencuit bahwa orang transgender tidak dapat mengubah jenis kelamin biologis mereka.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini