Soal Asimilasi, Nunung Dituntut Patuh Jalani Rehabilitasi

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 33 2202919 soal-asimilasi-nunung-dituntut-patuh-jalani-rehabilitasi-k0l7tvYACd.jpg Nunung (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nunung  kemungkinan bisa menjalani rehabilitasi dengan rawat jalan atas kasus penyalaahgunaan narkoba pada Juli 2019 lalu. Hal tersebut terjadi lantaran Nunung sudah hampir menghabiskan 2/3 masa rehabilitasi di RSKO dengan cukup kooperatif.

Menurut Dokter Azhar Jaya, Direktur Utama RSKO, saat dihubungi wartawan, prosedur rawat jalan yang akan diterima Nunung, didapatkan bukan lantaran keputusan dari Kemenkumham terkait penekanan penyebaran virus corona. Akan tetapi, berdasarkan prosedur yang memang telah ditetapkan oleh pihak RSKO berdasarkan evaluasi selama pasien menjalani rehabilitasi.

Baca Juga:

Nunung dan Suami Kembali Jalani Isolasi di RSKO

 Ada Kemungkinan Nunung Akan Dapat Asimilasi

Kasus Narkoba, Nunung dan Suami Divonis 1,5 Tahun Rehabilitasi


"Saya tegaskan, bahwa Bu Nunung itu di sini sebagai pasien. Yang mengirim ke sini adalah Kejaksaan terkait putusan hukum. Kalau soal keputusan pemerintah soal hukum dan sebagainya, itu urusan kejaksaan, bukan urusan kami," jelas Azhar Jaya.

"Tapi kami di sini merawat dan merehabilitasi Bu Nunung. Kalau misalnya kami anggap rehabilitasi ini Bu Nunung sudah cukup dan kita berikan rekomendasi untuk menjalani perawatan di luar atau di rumah, kita akan informasikan ke pihak kejaksaan," sambungnya.

Nantinya, usai Nunung mendapatkan asimilasi untuk menjalani rawat jalan, pihak RSKO kan memberikan sepenuhnya tanggung jawab rehabilitasi kepada Nunung. Pasalnya, tak akan ada lagi perawat atau petugas RSKO yang akan mendampingi dirinya untuk menjalani perawatan hingga dinyatakan benar-benar sembuh total dari jeratan narkoba.

Baca Juga:

Keyakinannya Diusik Netizen, Salmafina Berikan Jawaban Menohok

Jawaban Menohok Salmafina Soal Anak Putuskan Pindah Agama

Kasus Narkoba, Nunung dan Suami Divonis 1,5 Tahun Rehabilitasi

"Kita menganut istilah rawat jalan dan rawat inap. Berarti setelah 2/3 hukuman ini dia akan menjalani prosedur rawat jalan. Tapi kalau rawat inap ini ya dia harus didampingi petugas RSKO terus menerus. Entah itu di dalam RSKO maupun di luar," tuturnya.

"Seperti sekarang ini kan beliau keluar nih, jadi didampingi. Kemarin izin melakukan kegiatan terbatas di luar juga didampingi. Tapi kalau nanti sudah 2/3 rawat jalan ya itu istilahnya mereka melakukan penilaian sendiri, asimilasi kesadaran dan kepatuhan untuk berobat secara rawat jalan," sambungnya.

Kendati demikian, Azhar mengaku belum tahu kapan wanita 57 tahun tersebut akan mulai menjalani rawat jalan. Namun, dirinya tak bisa memungkiri bahwa dimasa pandemi seperti saat ini, hal tersebut bisa saja terjadi dalam waktu dekat.

"Saya enggak tahu persis hitungannya dia, kan tergantung putusan. Saya rasa Anda punya datanya. Tapi dengan kondisi pandemi Covid segala macam ini mungkin bisa kita percepat tapi itu semua tergantung dari dokter yang memeriksanya ya," tandasnya.

Baca Juga:

Aaliyah Massaid Merasa Aneh Saat Karantina Sepulang dari London

Keluar Penjara, Rapper Ini Langsung Habiskan Rp4,6 Miliar untuk Belanja

Kasus Narkoba, Nunung dan Suami Divonis 1,5 Tahun Rehabilitasi

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini