nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulan Jameela Minta Pemeriksaan atas Izin Presiden, Kuasa Hukum Beri Penjelasan

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 15:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 17 33 2154312 mulan-jameela-minta-pemeriksaan-atas-izin-presiden-kuasa-hukum-beri-penjelasan-M8VS5pmDEq.jpg Mulan Jameela (Foto: Instagram @mulanjameela1)

JAKARTA - Kuasa hukum Mulan Jameela, Ali Lubis menjelaskan alasan kliennya yang menolak diperiksa lantaran penyidik Polda Jawa Timur belum mengantongi izin Presiden. Kepada Okezone Ali mengatakan, sudah ada ketentuan terkait pemeriksaan terhadap anggota DPR seperti Mulan.

“Mbak Mulan kan sekarang ini selain penyanyi juga sebagai anggota DPR. Maka untuk berdasarkan ketentuan dari UU MD3 dan telah diperkuat oleh putusan MK maka harus mendapatkan persetujuan tertulis oleh Presiden,” jelasnya lewat pesan singkat, Jumat (17/1/2020).

 

Baca Juga: Kuasa Hukum: Mulan Jameela Tidak Ikut Investasi di MeMiles

“Izin tertulis dari Presiden itu punya dasar hukum, yaitu Pasal 245 ayat (1) UU MD3 dan diperkuat oleh putusan MK tahun 2018,” lanjut Ali Lubis.

Dijelaskan pula oleh Ali, ketentuan tersebut merupakan salah satu keistimewaan yang didapat Mulan Jameela sebagai anggota DPR.

“Itu hak imunitas,” tegasnya.

Meski begitu, Ali Lubis juga memastikan bukan berarti Mulan Jameela memanfaatkan keistimewaan tersebut untuk menghindar dari proses hukum.

 

Baca Juga: Ahmad Dhani Jawab Keikutsertaan Mulan Jameela di MeMiles

Andai pemanggilan terhadap dirinya dilakukan sesuai prosedur, Ali memastikan kliennya akan hadir.

 

“Enggak apa-apa (Mulan diperiksa). Tapi harus tetap melalui prosedur,” pungkas dia.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng, Mulan Jameela Tutupi Wajahnya

Mulan Jameela keluar dari Rutan Medaeng usai menjenguk suaminya, Ahmad Dhani Prasetyo di Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Surabaya, di Medaeng Waru Sidoarjo, Jawa Timur.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini