nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singgung Buruknya Pengelolaan Sampah, Melanie Subono: Banjir Jangan Dipolitisasi

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 33 2151523 singgung-buruknya-pengelolaan-sampah-melanie-subono-banjir-jangan-dipolitisasi-xVbSBfVBIU.jpg Melanie Subono (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Banjir yang sempat mengepung Jakarta dan sekitarnya mendapat sorotan tajam dari Melanie Subono. Sebagai artis yang juga aktivis lingkungan hidup, Melanie menyebut kebiasaan buruk masyarakat dalam mengelola sampah jadi penyebab utama banjir.

“Memang itu penyebab utamanya. Kita berbicara daerah yang banjir. Begitu sungainya dibersihkan ada spring bed, ada tempat tidur, ada kasur, ada lemari pakaian,” ujarnya kepada Okezone.

Baca Juga: Melanie Subono Sebut Pelecehan Seksual SeringTerjadi di Industri Hiburan

 

Wanita 43 tahun dalam lanjutannya juga menegaskan bahwa bencana banjir jangan dijadikan ajang perdebatan politik. Sebab menurut Melanie Subono, hampir semua Gubernur DKI Jakarta pernah menghadapi masalah banjir.

“Sorry ya, buat yang mempolitisasi ini, siapa Gubernur Jakarta yang belum pernah mengalami banjir? Semua mengalami. Skalanya saja sih, gede apa kecil. Itu kan tergantung curah hujan,” kata dia.

Daripada mempolitisasi banjir, jauh lebih baik bagi Melanie Subono untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah. Sekalipun bagi sosok kelahiran Hamburg, Jerman, menekan masyarakat untuk sadar lingkungan lewat penerapan denda atau bentuk hukuman lain sedikit terdengar aneh.

 

Baca Juga: Punya Kesamaan Imej, V Radio Gelar Nonton Bareng Bombshell

“Sebenarnya kalau memang mau berpikir, kalau penduduknya pada waras sih enggak perlu. Kok gue perlu menghukum lo supaya enggak bikin banjir rumah lo sendiri itu kan aneh gitu,” ungkapnya.

“Cuma ya gimana, orang-orangnya pada enggak sadar. Kan berarti pertanyaannya kurang lebih begini, kita harus bikin hukuman supaya orang-orang sadar dan enggak ngebanjirin rumahnya sendiri. Tapi ya tampaknya orang kita memang begitu ya, dableg gitu,” lanjut Melanie Subono.

Namun sekali lagi Melanie memastikan, perlu ada perubahan pola pikir masyarakat tentang pengelolaan sampah guna mengantisipasi banjir.

Baca Juga: Rizky Febian Dilaporkan Balik Suami Lina, Sule Siap Pasang Badan

Apabila dibiarkan berlarut-larut, putri Adrie Subono meyakini banjir akan tetap jadi masalah yang menghantui Jakarta di tahun-tahun mendatang.

 

“Saya sih sudah siap-siap dengan kegiatan sosial saya, karena tahun depan pasti masih akan banjir kalau pola pikirnya masih seperti ini,” tutupnya.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Melanie Subono Aneh Dibilang Menginspirasi

Penyanyi sekaligus seniman Melanie Subono berpose usai mengisi acara di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2013). Kesederhanaan seorang Melanie, membuat dirinya menjadi panutan para remaja yang kebanyakan kaum hawa. Namun, dia justru merasa aneh dibilang menginspirasi.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini