2020, Single Market dan Konser Musik Akan Semakin Seksi

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 28 33 2146795 2020-single-market-dan-konser-musik-akan-semakin-seksi-F0NvjbY0Zm.jpg Konser Super Junior akan menjadi pertunjukan pembuka pada 2020. (Foto: Namaste Hallyu)

JAKARTA – Industri musik Tanah Air pada 2020 diprediksi akan diisi dua agenda besar: single market dan tahun konser. Pengamat musik Aldo Sianturi menjelaskan, single market merupakan kondisi di mana para musisi akan berkutat dengan perilisan single.

Kondisi itu, menurut Aldo, akan membuat musisi mengeyampingkan penggarapan album. “Dulu, kalau generasi millennial mau mendengarkan sebuah lagu harus membeli satu album. Tapi sekarang, mereka hanya mendengarkan satu lagu,” ujarnya kepada Okezone, pada Sabtu (28/12/2019).

 Andmesh Kamaleng diprediksi masih akan mendominasi pada 2020. (Foto: Instagram/@andmeshkamaleng_)

Hal itu, imbuhnya, tercipta karena kehadiran platform digital yang mempermudah penikmat musik membeli sebuah lagu. Sederet penyanyi muda, seperti Andmesh Kamaleng dan Marion Jola, diprediksinya masih akan menguasai pasar musik.

Namun, Aldo Sianturi tak menampik keberadaan penyanyi lawas masih akan cukup diperhitungkan di pentas musik Tanah Air pada 2020. “Bisa dilihat dari generasi ‘90-an yang lagunya kembali hits. Apalagi Raffi Ahmad punya label musik yang menaungi beberapa penyanyi lawas itu.”

Baca juga: Segera Bebas, Ahmad Dhani Akan Dijemput 500 Baladewa 

Konser, menurut Aldo, masih akan menjadi ladang yang seksi bagi promotor musik Tanah Air sepanjang 2020. “Kuartal I 2020, beberapa musisi dalam dan luar negeri sudah memastikan jadwal konser mereka di dalam negeri,” imbuhnya.

 Selain Andmesh, Marion Jola juga dipastikan masih akan berjaya pada 2020. (Foto: Okezone)

Konser yang bakal digelar pada tahun depan, menurut dia, akan menjadi momentum kembalinya para musisi era ’90-an. “Akan ada selebrasi dari mereka, entah yang sudah 25 tahun berkarya atau bahkan lebih.”

Pernyataan Aldo tersebut diamini Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo. "Kami bahkan sudah mengantongi tiga konser untuk tahun depan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (28/12/2019). 

Konser Super Junior menjadi salah satu pertunjukan yang dinantikan pada awal 2020. (Foto: Label SJ)

Konser Super Junior yang digelar pada Januari 2020 akan menjadi pembuka yang dilanjutkan dengan Festival Hip Hop, Soul, dan R&B (FLAVS) pada April tahun depan. Seperti tahun lalu, Dyandra juga akan menggarap perhelatan Synchronize Fest sekitar Oktober 2020.

Baca juga: Sunan Kalijaga Ungkap Momen Terberat saat Salmafina Pindah Agama

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini