nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaleidoskop 2019: Kronologi Terbongkarnya Burning Sun Gate, Skandal Seks Terbesar Industri K-Pop

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 23 33 2145389 kaleidoskop-2019-kronologi-terbongkarnya-burning-sun-gate-skandal-seks-terbesar-industri-k-pop-bM4t98oscw.jpg Jung Joon Young. (Foto: KoreaNow)

SEOUL – Awal 2019, dunia hiburan Korea Selatan dihebohkan dengan kasus kekerasan yang terjadi di Burning Sun, klub malam milik Lee Seung Hyun alias Seungri. Kasus itu, ternyata menjadi pintu yang membuka mega skandal seks terbesar di dunia hiburan Korea yang kemudian dikenal dengan istilah The Burning Sun Gate.

Skandal seks itu terbongkar setelah program funE-SBS merilis percakapan dalam chat room KakaoTalk Seungri, pada 26 Februari 2019. Dalam chat tersebut, seorang pria bernama Mr. Kim mengunggah video dan foto yang memperlihatkan perempuan dan pria sedang berhubungan intim.

Sepanjang 2019, industri musik K-Pop dikejutkan dengan skandal The Burning Sun Gate. (Foto: XPN)

Setelah Seungri dan Mr. Kim, nama selanjutnya yang muncul adalah Jung Joon Young. Penyanyi 30 tahun itu membagikan video seks berdurasi 3 detik dan dengan bangga mengatakan kejadian itu direkamnya secara sembunyi-sembunyi.

Selain tiga nama tersebut, terungkap beberapa selebriti lain yang terlibat dalam chatroom tersebut. Siapa saja mereka dan bagaimana sebenarnya kronologi The Burning Gate tersebut? Berikut detailnya seperti dikutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Lolos dari Penjara, Seungri Menikmati Waktu di Gym

12 Maret 2019

Dispatch memainkan perannya dengan mengunggah isi percakapan penyanyi Jung Joon Young membagikan video tak senonoh yang direkamnya tersebut ke 10 grup chatnya. Kepolisian Metropolitan Seoul kemudian mengubah status hukum mantan bintang 1 Night 2 Days itu dari saksi menjadi tersangka atas pelanggaran Undang-Undang Khusus tentang Kejahatan Seksual.

Dari sini, nama-nama populer lainnya pun bermunculan, mulai dari Lee Jong Hyun CNBLUE dan Choi Jong Hoon FT Island.

14 Maret 2019

Jung Joon Young menjalani pemeriksaan polisi atas tuduhan pembuatan video illegal dan menyebarkannya. Masih di tanggal yang sama, SBS membagikan bukti keterlibatan Lee Jong Hyun CNBLUE dan Jung Joon Young dalam chatroom tersebut.

Dalam chat room tersebut, Lee Jong Hyun mengaku bercinta dengan seorang perempuan. Dia bahkan meminta Jung Joon Young untuk mengirimkan perempuan lain untuk ditidurinya.

Jung Joon Young saat menjalani pemeriksaan. (Foto: Yonhap News)

15 Maret 2019

Tak perlu waktu lama, Choi Jong Hoon ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Metropolitan Seoul. Sehari sebelumnya, polisi mengungkap bukti percakapan di mana sang gitaris membagikan foto saat dia meniduri seorang perempuan dalam chatroom tersebut.

Sekitar 3 hari kemudian, Jung Joon Young resmi ditahan di Kantor Polisi Jongno, Seoul, Korea Selatan. Kasusnya dilimpahkan ke kejaksaan pada 29 Maret 2019. Sementara Seungri diperiksa Badan Kepolisian Nasional Seoul atas tuduhan menyebarkan rekaman ilegal, pada 28 Maret 2019.

1 April 2019

Choi Jong Hoon terbukti merekam video seksnya sendiri secara ilegal dan dibagikan ke chatroom KakaoTalk tersebut. Tak hanya itu, dia juga diketahui membagikan enam video tak senonoh lainnya dalam grup itu. Dia kemudian dituduh melanggar Undang-Undang Khusus tentang Kejahatan Seksual dan UU Penyebaran Informasi dan Penggunaan Jaringan Komunikasi dan Perlindungan Informasi.

Choi Joong Hoon terbukti menyebarkan video tak senonoh di chat room bersama Seungri dan Jung Joon Young. (Foto: Yonhap News)

2 April 2019

Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengumumkan, Roy Kim diperiksa atas tuduhan menyebarkan video tak senonoh yang direkam secara ilegal. Sekitar 2 hari setelahnya, polisi juga menetapkan Eddy Kim sebagai tersangka setelah mengunggah foto seks dalam chat room tersebut. Pada 11 April 2019, kasus Choi Jong Hoon dilimpahkan ke kejaksaan.

25 Juni 2019

Kepolisian Metropolitan Seoul mengungkapkan, kasus Seungri telah diserahkan ke kejaksaan. Dia dituding membagikan video tak senonoh dalam chat room KakaoTalk bersama Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon. Dia juga dituntut karena menghasut anggota grup chat tersebut untuk menghilangkan bukti dengan mengganti ponsel mereka.*

Baca juga: Jelang Natal, Yuni Shara Silaturahmi ke Mantan Suami

1
3
BERITA FOTO
+ 9

Potret Liburan Nagita-Raffi di Korea

Nagita Slavina bersandar di pundak Raffi Ahmad saat liburan di Korea. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini