Kuasa Hukum Sebut Zul Zivilia Bisa Dihukum Penjara Kurang dari 5 Tahun

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 33 2143761 kuasa-hukum-sebut-zul-zivilia-bisa-dihukum-penjara-kurang-dari-5-tahun-d7oAdiBB1N.jpg Zul Zivilia (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Vonis 18 tahun penjara yang diterima Zul Zivilia mendapat sorotan tajam dari kuasa hukumnya, Andi Bahtiar Effendy. Usai sidang, Andi mengatakan tidak seharusnya Zul dikenai hukuman pidana setinggi itu.

“Zul itu cuma korban,” ujarnya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu, 18 Desember 2019.

Baca Juga: Dihukum 18 Tahun Penjara, Zul Zivilia Meratapi Nasib

Zul Zivilia

Andi Bahtiar Effendy dalam lanjutannya mengatakan, Zul tidak pernah berniat mengantar paket sabu milik Rian. Sebab ketika menyatakan kesediaan mengantar paket sabu, Zul masih dalam keadaan teler usai mengonsumsi narkoba.

“Pas sampai di sana langsung dikasih sabu-sabu. Orang yang dikasih sabu-sabu banyak itu apa pun pasti dilakukan,” terang Andi.

Zul Zivilia dan istri

Hal itulah yang menurut Andi Bahtiar Effendy tidak dijadikan pertimbangan hakim dalam menjatuhkan vonis. Padahal apabila mengikuti ketentuan, Andi menyebut Zul bisa saja dijatuhi hukuman di bawah lima tahun karena perbuatan yang terbukti dilakukan tidak masuk dakwaan JPU.

“Tentunya dengan beberapa putusan Mahkamah Agung, terhadap suatu perbuatan yang terbukti di persidangan tapi tidak didakwakan JPU, biasanya pasal yang dijatuhkan hakim tetap pasal dakwaan, tapi hukumannya di bawah lima tahun,” papar Andi.

Zul Zivilia

“Seharusnya Zul yang terbukti Pasal 131 yaitu tidak melaporkan terhadap tindak pidana narkotika dan Pasal 127 sebagai pengguna narkotika,” lanjutnya.

Sementara dalam vonis, Zul tetap dikenai hukuman penjara 18 tahun oleh hakim. Mengingat dalam dakwaan JPU, pemilik nama asli Zulkifli dijerat Pasal 114 juncto Pasal 132 UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Baca Juga: Nicky Tirta Foto Bareng Kembaran, Netizen: Kirain Istri

Zul terseret kasus narkoba usai ditangkap di salah satu apartemen di kawasan Kelapa Gading, Jakarta pada 3 Maret 2019. Bersama dengan penangkapan Zul dan dua tersangka lain, polisi turut mengamankan bukti berupa sabu seberat 9,5 kg serta 24 ribu butir pil ekstasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini