nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prosesi Adat Hingga Hukum Dilewati Ruben Onsu untuk Adopsi Betrand Peto

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 09:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 33 2141610 porsesi-adat-hingga-hukum-dilewati-ruben-onsu-untuk-adopsi-betrand-peto-war354MWbb.jpg Ruben Onsu dan Keluarga (Foto: Instagram @ruben_onsu)

JAKARTA – Keinginan Ruben Onsu untuk mengangkat Betrand Peto sebagai anak sudah tercapai. Bahkan, Ruben pun melewati prosesi adat hingga hukum agar Betrand sah menjadi anak asuhnya.

Ketika mantap ingin mengangkat Betrand Peto sebagai anaknya, Ruben Onsu terlebih dahulu menemui orangtua Betrand. Niat Ruben pun disambut baik oleh orangtua Betrand yang menyerahkan segalanya kepada suami Sarwendah itu.

Setelah itu, Ruben, Sarwendah dan Betrand Peto pun melangsungkan upacara adat sebagai prosesi pengangkatan. Mereka bertolak ke Manggarai, Nusa Tenggara Timur untuk menjalani prosesi tersebut. Tiba di kampung halaman, Betrand Peto beserta Ruben dan Sarwendah disambut oleh masyarakat juga tarian adat. Kemudian, Betrand pun menemui keluarga di kediamannya.

Baca juga: Ruben Onsu Berharap Betrand Peto Bisa Fokus di Dunia Tarik Suara

Ruben Onsu dan Betrand Peto

Pelukan hangat diberikan Betrand kepada dua saudaranya. Perasaan haru pun tampak pada momen itu. Terlebih, Betrand serta dua saudaranya tak henti-hentinya menitikkan air mata.

Melanjutkan prosesi tersebut, ayah kandung Betrand pun mengikat roh sang putra. Dalam kepercayaan mereka, prosesi tersebut dilakukan agar roh sang anak tetap berada bersama keluarga kandungnya.

Ruben Onsu

Kemudian, ayah kandung Betrand Peto pun menggendong sang anak lalu diserahkan pada Ruben Onsu dan Sarwendah. Prosesi ini memiliki arti jika orangtua kandung Betrand telah menyerahkan putranya untuk diasuh secara penuh oleh Ruben dan Sarwendah.

Selain prosesi adat, Ruben Onsu juga mengesahkan hak asuhnya terhadap Betrand lewat jalan pengadilan. Pada 15 Oktober 2019, majelis hakim Pengdilan Negeri Jakarta Selatan telah memutuskan jika Ruben berhak atas hak asuh Betrand Peto.

“Hakim sudah membacakan penetapan disertakan dengan pertimbangan hukumnya. Permohonan kita dikabulkan seluruhnya. Dengan demikian per hari ini, secara sah bahwa pemohon (Ruben Onsu) adalah orangtua asuh dari Betrand Peto,” ujar Minola Sebayang setelah proses persidangan seperti dilansir Okezone dari tayangan MOP Channel.

Ruben Onsu dan Keluarga

Baca juga: Dijodohkan dengan Hotman Paris, Reaksi Nia Daniaty Tak Disangka

Setelah resmi menjadi orangtua asuh Betrand Peto, Ruben pun masih tetap melewati beberapa tahapan. Dia harus mencatat putusan tersebut ke beberapa lembaga pemerintahan.

“Ada beberapa tahapan setelah salinan resminya kita terima dari PN Jakarta Selatan, yaitu mencatatkan keputusan ini ke kantor catatan sipil Jakarta Selatan dan mencatatakan keputusan ini ke Dinas Sosial,” terang Minola.

Ruben Onsu dan Keluarga

Ruben telah mengajukan permohonan atas hak asuh Betrand Peto sejak 9 September 2019. Setelah kurang lebih 1,5 bulan, permohonan tersebut pun dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Sebelum Ruben memutuskan Betrand sebagai anak asuh, dia sudah memiliki hubungan seperti ayah dengan anaknya. Jauh-jauh sebelumnya baru kemudian Ruben ambil keputusan untuk melegalkan hubungan itu,” tutup Minola Sebayang.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Potret Betrand Peto, Penyanyi Cilik yang Jadi Anak Angkat Ruben Onsu

Potret kebersamaan Betrand Peto dengan keluarga Ruben Onsu. (Foto: Instagram @ruben_onsu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini