nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

S Bagio, sang Pelawak Latah nan Edukatif

Lintang Tribuana, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 12:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 07 33 2139241 s-bagio-sang-pelawak-latah-nan-edukatif-3sd4gxD46k.jpg S Bagio. (Foto: YouTube/Falcon)

JAKARTA - Namanya sempat begitu populer di era ‘70-an bersanding dengan Benyamin Sueb dan Bing Slamet. Namun, S. Bagio sukses mencuri perhatian lewat tampilan mungil dan kebiasaan latahnya.

Kecintaan Bagio terhadap dunia lawak sudah muncul sejak masih mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kala itu ia hampir memenangkan semua lomba lawak yang diikutinya.

 S Bagio dikenal publik karena lawakan edukatifnya. (Foto: YouTube/Film Lawak jadul)

Demi fokus mengejar impian sebagai pelawak, Bagio bahkan rela meninggalkan pendidikannya. Dia mulai serius membentuk kelompok lawak EBI, bersama Eddy Sud dan Iskak.

Bersama kedua pelawak itu, S. Bagio berhasil bermain dalam film Gaja Remaja pada tahun 1960. Beberapa tahun berjalan, kelompok lawak tersebut terus mengalami bongkar pasang. Sampai akhirnya Bagio membentuk grup Bagio CS bersama Darto Helm, Diran, dan Sol Saleh.

Baca juga: Ambisi Cahyono Hidupkan Lagi Jayakarta Group 

Sejak itulah, nama Bagio terus melambung dan mampu bertahan selama puluhan tahun. Di tengah maraknya kemunculan pelawak yang menjual kekonyolan dan seks, Bagio justru konsisten mempertahankan materi lawak yang cerdas.

S Bagio dikenal publik karena lawakan edukatifnya. (Foto: YouTube/Falcon)

Baginya, lawak bukan sekadar menghibur orang, tapi juga harus menonjolkan pesan informatif dan mendidik untuk para penontonnya. Karena itu, dia terkadang menyesuaikan materi lawakannya dengan isu sosial atau program pemerintah.

Bintang Mat Dower itu pernah menyelipkan soal program wajib belajar dan keluarga berencana dalam materi lawakannya. Dedikasinya dalam menghadirkan lawakan edukatif bagi penonton pun mengantarkannya meraih penghargaan Best Indonesian Clown (Gold Gufo) pada 1982, penghargaan dari aktor film Italia, Franco Nero.

 S Bagio dikenal publik karena lawakan edukatifnya. (Foto: YouTube/Falcon)

Meski sudah tiada pada 1993, penampilan S Bagio masih bisa disaksikan melalui deretan film yang dibintanginya. Detektip DangdutLompang SaguBuah BibirAteng Pendekar Aneh, dan Pulau Putri adalah beberapa di antaranya.*

Baca juga: Nathalie Holscher Bongkar Bukti CCTV Pemukulan oleh Gathan

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Intip Potret Cantiknya Adzana Cucu Pelawak Adi Bing Slamet

Foto selfie Adzana saat bepergian. (Foto: Instagram @adzanabs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini