nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jatuh Bangun Perjalanan Karier Srimulat Selama Hampir 7 Dekade

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 15:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 07 33 2139161 jatuh-bangun-perjalanan-karier-srimulat-selama-hampir-7-dekade-y3BVl2eDLI.jpg Tarzan Srimulat (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Srimulat menjadi salah satu kelompok lawak legendaris yang hingga kini namanya masih kerap terdengar. Dibentuk di Solo sekira tahun 1950, Srimulat merupakan nama dari kedua pendirinya, yakni pasangan suami istri Teguh Slamet Rahardjo dan Raden Ayu Srimulat.

Sebelum menjadi Srimulat, pasangan Teguh Slamet Rahardjo dan istrinya memberi nama kelompok seni keliling dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah itu dengan Gema Malam Srimulat. Tak hanya sekedar seni suara dan tari, pada 30 Agustus 1951, kelompok ini mulai memperkenalkan lawakan mereka yang diberi nama dagelan Mataram.

Kemerosotan keuangan di 1960 membuat Gema Malam Srimulat mengganti nama mereka menjadi Srimulat Review hingga Aneka Ria Srimulat. Bahkan, bongkar pasang pemain sempat terjadi, dan membuat grup lawak ini semakin matang dan memiliki paling banyak jumlah anggota.

Mamiek Prakoso

Yang membuat Srimulat terkenal selain materi pementasan yang lucu, juga karena ciri khas para pemainnya. Bahkan hal tersebut menjadi syarat utama yang ditetapkan Teguh sebelum merekrut anggotanya.

Baca juga: Selain Nunung, 4 Anggota Srimulat Ini Juga Pernah Tersandung Narkoba

Ciri khas para pemain sendiri diketahui meliputi penampilan, gaya berbicara, hingga kalimat-kalimat khas pemain. Sebut saja Mamiek Prakoso yang terkenal dengan kalimat Mak bedunduk serta Mak jegagik.

Tarzan

Berbeda dengan Tarzan Srimulat yang memiliki ciri khas mengenakan pakaian rapi, dengan postur tubuh tinggi besar, layaknya anggota militer. Sementara Gogon, diketahui terkenal dengan ciri khas rambut mohawk-nya dan cara duduk yang selalu melorot.

Raden Ayu Srimulat diketahui wafat pada 1969 dan membuat Teguh menikah lagi dengan dengan seorang penyanyi sekaligus penari Jawa bernama Djudjuk Djuwariyah. Dan Srimulat kala itu terus berkembang dan membangun panggung-panggung di Surabaya, Solo, Semarang, hingga Jakarta.

Sekira 1989, Teguh diketahui sempat membubarkan Srimulat lantaran mulai bermunculan stasiun-stasiun televisi yang menawarkan tayangan menarik. Padahal sebelum bubar, Srimulat memiliki sebuah program di TVRI dan diberi nama Serial Srimulat.

Baca juga: Dekat dengan Dul, Aaliyah Massaid Belajar Masak dari Maia Estianty

Gogon Srimulat

Rindu dengan grup yang telah membesarkan nama para personilnya. Pada Agustus 1995, Gogon diketahui mengadakan reuni Srimulat. Bahkan acara tersebut cukup menarik perhatian penonton hingga salah satu stasiun televisi tertarik untuk meminang Srimulat hingga 2003.

Pada 2004 grup ini diketahui kembali vakum dan kembali eksis di 2006. Sayangnya, mereka memilih untuk bubar dan beberapa di antaranya diketahui masih aktif di industri hiburan Tanah Air.

Tessy

Selama 69 tahun berkarya dan memiliki kurang lebih 60 orang anggota, Srimulat berhasil melahirkan beberapa pelawak legendaris Indonesia. Sebut saja Tessy, Basuki, Gogon, Nunung, Tarzan, Eko DJ, dan beberapa nama lain yang hingga kini masih eksis di dunia hiburan.

1
3
BERITA FOTO
+ 5

Intip Kemesraan Nunung Srimulat Bersama sang Suami

Nunung dan Iyan Sambiran menikah pada 30 Agustus 2012. (Foto: Instagram @nungers63.id)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini