nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituduh Monopoli Bioskop, Frozen 2 Tuai Protes di Korea Selatan

Erdyaldha Rizky Nikita Sitorus, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 11:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 04 206 2137775 dituduh-monopoli-bioskop-frozen-2-tuai-protes-di-korea-selatan-sIx9ZC443D.jpg Frozen 2 (Foto: Disney)

SEOUL - Menyusul kesuksesan film pertama, Frozen 2 langsung menguasai bioskop dunia setelah dirils, tak terkecuali Korea Selatan. Sejak dirilis pada 23 November 2019, Frozen 2 sudah meraup USD61,2 juta di Negeri Ginseng.

Baca Juga: Prilly Latuconsina Ajak Ratusan Anak Nonton Bareng Frozen II

Frozen 2

Angka tersebut menjadikan Korea Selatan sebagai pasar ke-3 terbesar Frozen 2 setelah Amerika Utara dan China. Sayangnya, kesuksesan tersebut berbuntut protes.

Melansir Hollywood Reporter, Rabu (4/12/2019), sebuah NGO di Korea Selatan, Public Welfare Committee (PWC) melayangkan protes kepada Kantor Kejaksaan Korea terkait dominasi Frozen 2. PWC mengklaim film ini tayang di 88 persen bioskop di Korea Selatan di hari pertama penayangannya pada 23 November.

Frozen 2

Hal itu berlawanan dengan Undang-undang Anti-monopoli yang berlaku di Korea Selatan. Menurut undang-undang ini, sebuah film tidak boleh ditayangkan di lebih dari 50 persen layar bioskop di seluruh Korea.

PWC menganggap penayangan Frozen 2 yang sampai menyentuh 88 persen layar bioskop di seluruh Korea menyalahi sebuah pasal yang menyebut perusahaan atau individu yang menguasai pasar lebih dari 50 persen sebagai perusahaan pendominasi pasar.

Banyaknya bioskop yang menayangkan film ini membuat penonton Korea tidak mempunyai pilihan lain selain menonton Frozen 2. Hal ini juga yang menjadi alasan utama PWC mengajukan tuntutan mereka.

Frozen 2

"Disney telah berusaha memonopoli layar dan mencari keuntungan besar dalam jangka pendek, membatasi hak konsumen untuk memilih," keluh PWC.

Terlepas dari dugaan monopoli ini, masih ada kebingungan di industri film Korea dalam mengukur dan menghitung pembagian layar bioskop untuk film-film yang tayang.

PWC dan beberapa badan perfilman Korea menghitung pembagian layar dengan memakai persentase layar yang memutar sebuah film dalam satu hari tertentu. Sementara badan perfilman lain, termasuk Korean Film Council (KOFIC), menghitung pembagian layar dengan menjumlahkan berapa kali sebuah film diputar dalam satu waktu dan membaginya dengan total jumlah film lain diputar di hari yang sama.

Baca Juga: Gara-Gara Kasih THR Kebanyakan, Sandra Dewi Ditinggal ART

Jika menggunakan cara perhitungan KOFIC, maka persentase pemutaran Frozen 2 pada 23 November 2019 hanyalah 46,3 persen, bukan 88 persen seperti yang dituduhkan PWC.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Kevin Aprilio Lamar Vicy Melanie di Korea Selatan Bikin Netizen Iri Hati

Momen romantis ketika Kevin Aprilio melamar sang kekasih, Vicy Melanie di Mount Seorak, Korea Selatan. (kevinaprilio)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini