nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skandal R. Kelly: Puluhan Kasus Paedofil hingga Ritual Seks

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 12:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 12 33 2115981 skandal-r-kelly-puluhan-kasus-paedofil-hingga-ritual-seks-6FmQZb8zuo.jpg R. Kelly. (Foto: GQ Magazine)

LOS ANGELES – Robert Sylvester Kelly alias R. Kelly dikenal publik lewat lagu I Believe I Can Fly yang dirilisnya pada 1996. Seiring popularitasnya, dia lebih mencuri perhatian publik dengan sederetan skandal seksualnya.

Dia pernah dituding melakukan kekerasan dan pelecehan seksual hingga mengoleksi aneka foto tak senonoh anak di bawah umur. Meskipun berbagai tudingan menghujamnya, namun R. Kelly enggan mengakuinya.

Tematik Skandal Seks Artis. (Foto: Okezone)

Lewat buku autobiografinya, R. Kelly menyebut pernah menjadi korban pelecehan seksual. Saat usianya masih 8 tahun, dia pernah diperkosa seorang perempuan yang diklaimnya sebagai keluarga.

Pada 1994, saat usianya masih 27 tahun, R.Kelly menikahi penyanyi Aaliyah yang kala itu masih berumur 15 tahun. Pernikahan itu digelar secara tertutup di Chicago, Amerika Serikat.

Baca juga: R. Kelly Bantah Tudingan Penyekapan dan Pelecehan Seksual terhadap Enam Perempuan Muda

Menariknya, R. Kelly terbilang jarang menyinggung pernikahannya dengan Aaliyah dalam berbagai wawancara media. Hingga kemudian aktris Romeo Must Die itu tewas dalam kecelakaan pesawat pada 2001.

Pecinta Daun Muda

Jauh sebelum kehadiran Aaliyah, R. Kelly ternyata memang tergila-gila dengan perempuan muda. Pada 1998, seorang perempuan bernama Tiffany Hawkins menuntut Kelly sebesar USD10 juta atas tuduhan kekerasan seksual.

Dalam dokumen pengadilan, Tiffany mengaku, mulai berhubungan seks dengan Kelly pada 1991. Saat itu, dia masih berusia 15 tahun dan Kelly 24 tahun. Hubungan itu hanya bertahan selama 3 tahun. Ketika kasus itu selesai, Tiffany hanya menerima ganti rugi sebesar USD250.000.

R. Kelly dituntut atas puluhan kasus pelecehan seksual terhadap anak. (Foto: Instagram/@rkelly)

Dari Tiffany Hawkins, dia kemudian beralih ke remaja 17 tahun bernama Tracy Sampson. Pekerja magang di Epic Records itu menuntut R. Kelly karena kerap memperlakukannya sebagai objek seks dan dibuang begitu tak dibutuhkan.

“Kelly mencoba mengendalikan setiap aspek hidupku, termasuk siapa yang akan aku temui dan ke mana aku pergi,” ujar Tracy.

Gugatan Lain Datang

Pada 2002, Patrice Jones menjadi perempuan selanjutnya yang menyeret R. Kelly ke meja hijau. Dia mengklaim, dihamili dan dipaksa melakukan aborsi saat masih berusia di bawah umur.

Tak lama berselang, Montina Woods tampil dan mengklaim R. Kelly merekam adegan seks mereka tanpa sepengetahuannya dan menjualnya. Permasalahan sang penyanyi dengan kedua perempuan itu diselesaikan dengan ganti rugi.

Masih di tahun yang sama, dia kembali dipolisikan atas tudingan membuat konten pornografi anak yang meliputi 21 aspek: hubungan seksual, seks oral, buang air kecil, dan tindakan seksual lainnya. Setelah 6 tahun di persidangan, pengadilan memutuskan Kelly tidak bersalah.

Tematik Skandal Seks Artis. (Foto: Okezone)

Ritual Seks

Sepanjang 2002-2004, dia kembali digugat atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak. Namun, R. Kelly kembali lolos karena kurangnya bukti. Pertengahan 2017, dia lagi-lagi dituding menjebak enam perempuan dalam ‘ritual’ seks.

Dalam ritual itu, R. Kelly mengatur kehidupan setiap pengikutnya, mulai dari apa yang harus mereka makan, cara berpakaian, hingga cara berhubungan seksual. Dia juga menyita ponsel pengikutnya dan melarang mereka untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Akhir R. Kelly?

Berbagai kasus hukum tersebut kemudian berujung pada kampanye #MuteRKelly. Gerakan itu bahkan mendesak label musik RCA untuk mendepak penyanyi kelahiran Chicago itu.

Perlahan pengacara, tenaga humas, hingga asisten pribadi R. Kelly memutuskan mengundurkan diri. Dalam kondisi itu, sang penyanyi masih manggung meski diprotes sana-sini.

Pada 2018, R. Kelly ramai diprotes karena berbagai skandal seksnya. (Foto: Instagram/@rkelly)

Lewat lagu I Admit, Kelly mengungkapkan kritiknya terkait berbagai permasalahan yang dihadapinya. “Hanya Tuhan yang bisa membungkamku. Apakah aku harus masuk penjara atau kehilangan karier karena pendapatmu?” bunyi lirik itu.*

Baca juga: Joaquin Phoenix Tertarik untuk Kembali Perankan Joker

1
4
BERITA FOTO
+ 8

Tri Suaka Penyanyi Asal Yogya yang Punya Suara Mirip Ariel NOAH

Tri Suaka mengenakan batik berwarna biru saat berada di Wonosobo, Jawa Tengah. (Foto: Instagram @xdjtrisuaka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini