nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Kontroversi The Santri, Yusuf Mansur: Tahu darimana yang Kontra itu Kontra?

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 18:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 206 2106929 soal-kontroversi-the-santri-yusuf-mansur-tahu-darimana-yang-kontra-itu-kontra-8UaUvoVWFL.jpg Cuplikan adegan di trailer The Santri (Foto: YouTube)

JAKARTA – Ustadz Yusuf Mansur kebanjiran pertanyaan mengenai film The Santri yang dibintangi oleh sang putri, Wirda Mansur. Seperti misalnya, di mana Wirda melakoni sebuah adegan memasuki sebuah gereja dan memberikan tumpeng kepada pendeta.

Baca Juga: The Santri Tuai Kritik Pedas, Ustadz Yusuf Mansur Beri Komentar Bijak

Ustadz yang terkenal dengan dakwah soal sedekah itu pun ingin membuka diskusi mengenai hal tersebut. Namun ada beberapa syarat yang Ustadz Yusuf Mansur ajukan untuk menggelar diskusi itu, salah satunya perlakuan terhadap seseorang yang menjelaskan hal tersebut.

Cuplikan The Santri

“Biar adil juga dalam penilaian dan penempatan pendapat dan enggak boleh juga dalam keadaan mendudukkan yang menjelaskan sebagai terdakwa,” ujar ustad Yusuf Mansur dalam Instagramnya, Rabu (18/9/2019).

Cuplikan The Santri

Ustadz 42 tahun itu juga menyayangkan masyarakat yang terburu tersulut emosi sebelum mendengarkan penjelasan mengenai masalah tersebut. Masyarakat sering kali enggan mendengarkan penjelasan pihak yang sudah dicap kontra atau berlawanan dengan mereka.

“Apa yang mau didengar bila sudah dalam keadaan emosi? Apalagi jika berbasis teks penjelasannya atau video, tapi kalau soal penjelasan yang kontra, yang kontra itu enggak mau didengar. Padahal, tahu darimana misalnya yang kontra itu kontra?" ungkap Yusuf Mansur.

Cuplikan The Santri

"Secara cuma ingin mendudukkan secara komprehensif saja dan belum tentu saya kontra loh. Wong enggak mau dengar, gimana tahu saya misalnya pro? Ada catatan saat kontra dan ada catatan saat pro, itulah kedewasaan,” lanjutnya.

Kritik The Santri

Seperti diketahui salah satu adegan di trailer The Santri karya Livi Zheng menjadi sorotan masyarakat, terlebih dari mereka yang mumpuni di bidang agama Islam. Adegan tersebut menampilkan santriwati yang masuk ke dalam gereja dan memberikan tumpeng kepada pendeta.

Ustadz Maaher Atthuwailibi memberi teguran keras pada trailer The Santri yang dinilainya tak mencerminkan kehidupan santri di pesantren. Lebih dari itu, sang ustadz pun menyebut film ini dengan kata kasar.

Baca Juga: Ngaku Pendarahan, Lucinta Luna Kaget Dengar Hasil USG

“Apa namanya kalau bukan goblok? Sebuah film mengandung adegan saling tatap lelaki dan perempuan bukan mahrom. Lalu mereka berduaan di dalam hutan, masuk gereja bawa tumpeng kasih pendeta dan lain-lain,” tulis Ustadz Maaher Atthuwailibi di Facebook dan kemudian dia bagikan ke Instagram.

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Pesona Wirda Mansur Putri Sulung Ustadz Yusuf Mansur

Potret Wirda saat pose sambil memegang dagu. (Foto: Instagram @wirda_mansur)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini