nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkah di Balik Video 'Saya Pamit' yang Buat Ria Ricis Hampir Bunuh Diri

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 09:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 14 33 2104933 berkah-di-balik-video-saya-pamit-yang-buat-ria-ricis-hampir-bunuh-diri-KjsWgtDw1p.jpg Ria Ricis. (Foto: Instagram/@riaricis1795)

JAKARTA - Ria Ricis tercatat sebagai YouTuber wanita pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang berhasil menembus 15 juta subscribers. Namun dia perlu usaha keras untuk mencapai angka tersebut.

Di balik popularitasnya saat ini, Ria Ricis ternyata memiliki masa lalu dan perjalanan karier yang cukup berliku. Lewat sebuah video yang diunggahnya ke YouTube, adik kandung Oki Setiana Dewi ini mengungkapkan kisah masa lalunya.

 Tematik Sensasi YouTuber demi mendongkrak viewers. (Ilustrasi: Okezone)

Ria Ricis mengaku berasal dari keluarga sederhana. Namun, di tengah keterbatasan perekonomian keluarganya Ricis mengenyam pendidikan di sekolah swasta di Batam, Kepulauan Riau.

Keputusan itu diambil kedua orangtuanya karena tahu betul Ricis tidak sanggup bersaing secara akademik dengan murid lain. Meski demikian, dia mengaku cukup menonjol di bidang olahraga dan kesenian.

Baca juga: Cerita Ria Ricis Jadi Gadis Malaysia di Film Hayya 

Dia kemudian mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler di bidang kesenian (menggambar, menyanyi, dan menari) hingga olahraga.

Bakat Seni Mulai Terlihat

Lika liku Ria Ricis menjalani karier sebagai YouTuber. (Foto: Okezone)

Bakat seni Ricis mulai terlihat saat dia mulai sering tampil dihadapan publik. Bahkan ia mengaku sempat mengoleksi ratusan piala dari lomba modeling hingga menyanyi.

Saat duduk di bangku SMP, YouTuber 24 tahun itu juga terpilih menjadi anggota Osis dan aktif dalam berbagai kegiatan luar sekolah. Karena bakatnya itu pulalah Ricis mulai bisa menghasilkan uang sendiri.

Namun kegiatan Ricis sempat terhenti saat dia memutuskan untuk mengenakan hijab. Karena tak percaya diri, Ricis enggan keluar rumah. Kondisi itu, diakuinya sangat memengaruhi penghasilannya.

Kembali Aktif di Sosial Media

Lika liku Ria Ricis menjalani karier sebagai YouTuber. (Foto: Okezone)

Kehidupan Ria Ricis sekali lagi berubah seiring hadirnya Instagram di Indonesia. Berawal dari iseng dan inisiatif untuk membuat foto unik dan lucu, dia mulai menata kariernya sebagai selebgram.

Ketika namanya mulai dikenal, Ricis mulai membuka endorsement untuk akun Instagram pribadinya. Dari Instagram, dia mulai beralih ke platform berbagi video YouTube, pada 2015. Tak perlu waktu lama, dia kembali melambungkan namanya sebagai salah satu YouTuber paling populer di Indonesia.

Kontroversi Video Saya Pamit


Di puncak kariernya sebagai YouTuber, secara tiba-tiba Ria Ricis mengunggah video berjudul Saya Pamit. Video itu dibuatnya lantaran berbagai permasalahan yang dihadapinya, mulai dari keluarga, keuangan, lingkungan, YouTube, hingga timnya.

Tak hanya itu, Ricis pun mengaku sengaja ingin beristirahat lantaran ingin fokus untuk menjalani syuting film layar lebar. Namun karena banyak penggemar yang meminta dirinya untuk kembali, maka Ricis mengunggah konten baru sekitar 2 hari setelah berpamitan.

Hal inilah yang membuat Ria Ricis viral dan dihujat berbagai pihak. Video Saya Pamit miliknya bahkan kerap dijadikan video parodi. Haters kemudian mulai memberondongnya dengan berbagai kritik dan komentar pedas.

Stress dan Hampir Bunuh Diri

Hal itu membuat kondisi kesehatan Ricis memburuk, bahkan stress. Kondisi itulah yang membuatnya hampir melakukan percobaan bunuh diri. Beruntung, dia cepat tersadar dan menghentikan kelakuan bodohnya.

Lika liku Ria Ricis menjalani karier sebagai YouTuber. (Foto: Okezone)'

Namun pengalaman terburuk dalam hidupnya itu juga mendatangkan berkah. Ricis mendapat tawaran kerjasama dari berbagai brand, permintaan menjadikan video Saya Pamit sebagai buku, hingga membangun coffee shop.*

Baca juga: Asyik Joget, Nikita Mirzani Tepergok Tak Kenakan Bra

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Ragam Ekspresi Wajah Ria Ricis

Ria Ricis merupakan pembawa acara dan selebriti internet. (Foto: Instagram @riaricis1795)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini