Tak Hanya Kisah Perkelahian, Komik Gundala Juga Sisipkan Cerita Cinta

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 23 206 2095890 tak-hanya-kisah-perkelahian-komik-gundala-juga-sisipkan-cerita-cinta-MkeXJk1FW9.jpg Gundala (Foto: Instagram @jokoanwar)

JAKARTA Gundala merupakan salah satu tokoh superhero asli Indonesia. Sosok ini sendiri muncul dalam komik yang beredar tahun 1969 yang dibuat oleh Harya Suraminata.

Saat diterbitkan, komik Gundala Putra Petir mendapat reaksi positif dari masyarakat kala itu. Buktinya di tahun yang sama dengan penerbitan perdana, komik ini menghasilkan enam judul. Judul pertama komik ini adalah Gundala Putra Petir. Komik ini mengisahkan awal mula seorang manusia bernama Sancaka berubah menjadi Gundala Putra Petir.

Baca juga: Agar Terlihat Megah, Gundala Syuting di 70 Lokasi

Film Gundala (Instagram Joko Anwar)

Seri selanjutnya berjudul Perhitungan di Planet Covox. Dikisahkan Gundala bertemu dengan Mlaar, Putra mahkota yang terkudeta. Sang anak petir pun membantu Mlaar untuk mendapatkan kembali tahtanya.

Musuh pertama Gundala, Ghazul kemudian muncul dalam seri komik ketiga berjudul Dokumen Candi Hantu. Hingga tiga seri sisanya yang terbit di tahun 1969 seperti Operasi Goa Siluman, The Trouble! Serta Tantangan Bagi Gundala.

Selain memperkenalkan musuhnya, komik karya Hasmi inu juga pernah menceritakan tentang kolaborasi dua pahlawan super, Gundala vs Godam tahun 1971. Tokoh Godam merupakan karya komikus Wid NS.

Dikisahkan jika Gundala dan Godam tanpa sengaja tertukar kostum dan kekuatan super. Masing-masing saling menuduh mereka palsu dan terjadilah perkelahian luar biasa.

Baca juga: Istri Aldo: Elly Sugigi, Tolong Hargai Aku sebagai Istri Sah

Tematik Gundala

Bentrok Jago-Jago Dunia juga menjadi seri komik Gundala di tahun 1971. Tahun 1972 seri Gundala hadir dengan kisah yang manis lewat judul Gundala Jatuh Cinta.

Berlanjut di tahun 1973 hadir seri Gundala berjudul Bernapas dalam Lumpur. Serta dilanjut Gundala Cuci Nama dan 1.000 Pendekar yang rilis di tahun 1974. Seri selanjutnya muncul di tahun 1975 lewat judul Dr. Jaka dan Ki Waluwuk dan tahun berikutnya, Gundala Sampai Ajal.

Gundala kembali menghadirkan kisah cintanya di tahun 1977 lewat dua serinya yakni, Pangkalan Pemusnah Bumi yang menjadi pertemuan dengan Merpati, calon istrinya serta Pengantin Buat Gundala.

Dalam kisahnya, Gundala bertemu dengan seorang wartawati cantik yang ternyata tangguh ilmu bela dirinya, bernama Sedhah Esti Wulan. Perempuan ini nantinya akan jagoan wanita yang dikenal dengan sebutan Merpati.

Memasuki seri-seri terakhir Gundala di tahun 1978 hingga 1982, komik ini merilis satu judul setiap tahunnya. Di antaranya Bulan Madu di Planet Kuning, Lembah Tanah Kudus, Gundala Sang Senapati, Istana Pelari dan sebagai pamungkas komik Gundala ditutup dengan judul Surat dari Akherat.

1
3
BERITA FOTO

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini