nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Kali Pertama, Film Gundala Pernah Tayang pada 1981

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 11:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 23 206 2095667 bukan-kali-pertama-film-gundala-pernah-tayang-pada-1981-CWpQzP4gVy.jpg Gundala (Foto: Istimewa)

JAKARTAFilm Gundala siap menyapa para penonton melalui film layar lebar yang akan ditayangkan perdana pada 29 Agustus 2019. Film ini diangkat dari komik asli Indonesia dengan judul Gundala Putera Petir pada 1969.

Rupanya, film tersebut bukanlah pertama kalinya Gundala diangkat menjadi sebuah film. Pada 1981, film berjudul Gundala Putra Petir hasil garapan sutradara Lilik Sudjio ditayangkan.

Film ini bercerita tentang seorang ilmuwan bernama Sancoko yang berhasil menemukan ramuan anti petir. Ramuan tersebut juga membuat tubuh Sancoko tahan terhadap arus listrik.

Baca juga: Intip Pesona Asmara Abigail, Pemeran Tokoh Desti Nikita di Gundala

Tematik Gundala

Di suatu kesempatan dalam Film Gundala, Sancoko pun bertemu dengan Dewa Petir yang kemudian menjadikan dia putranya. Dari situlah, Sancoko memiliki kekuatan petir serta kecepatan kilat yang dia gunakan untuk membasmi kejahatan.

Berbanding terbalik dengan kehidupannya, kisah cinta Sancoko bersama kekasihnya Minarti pun harus kandas. Pasca, putus dari Minarti, Sancoko pun bekerja sama dengan seorang profesor dan ilmuan untuk menciptakan ramuan penawar untuk pecandu narkoba.

Baca juga: Lucinta Luna Berbikini, Penampilan sang Pacar Jadi Sorotan

Tematik Gundala

Proyek tersebut pun terdengar oleh sindikat narkotika internasional yakni Gazul. Gazul pun kemudian memerintahkan orang suruhannya untuk menangkap Sancoko dan profesor Saelan.

Tak hanya sampai di situ, Agus, ilmuwan yang bekerja sama dengan Sancoko ternyata merupakan seorang penghianat. Dia pun lantas menjadi pekerja Gazul.

Dalam tawanan Gazul, Sancoko dipaksa untuk menciptakan heroin sintetis untuk melancarkan usahanya. Permintaan Gazul pun tak ditanggapi oleh Sancoko.

Penolakan Sancoko pun berbuntut pada penawanan Minarti oleh sindikat Gazul. Sancoko akhirnya sebagai Gundala sang Putra Petir beraksi untuk memberantas kejahatan Gazul dengan kecepatan kilat dan kekuatan petir yang dimilikinya.

Gundala Putra Petir (1981) dibintangi oleh deretan aktor dan aktris Tanah Air pada zamannya. Mereka adalah Teddy Purba (Sancoko dan Gundala Putera Petir), W. D. Mochtar (Gazul), Ami Prijono (Prof. Saelan), Anna Tairas (Minarti), August Melasz (Ir. Agus) dan Pitrajaya Burnama (Dewa Petir).

1
3
BERITA FOTO
+ 12

Gundala Gawat

Sejumlah pemain Teater Gandrik melakukan gladi bersih pentas teater berjudul Gundala Gawat di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2013). Teater Gandrik yang didukung oleh Djarum Apresiasi Budaya akan mementaskan lakon Gundala Gawat, yang diinspirasi dari komik superhero legendaris asli Indonesia tahun 1970-an Gundala Putera Petir karya Harya Suryaminata atau Hasmi yang akan dipentaskan di TIM pada 26-27 April 2013.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini