nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menengok Kembali Komik Panji Koming Karya Mendiang Dwi Koendoro

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 18:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 22 33 2095370 menengok-kembali-komik-panji-koming-karya-mendiang-dwi-koendoro-1egUlT4SUn.jpg Panji Koming (Foto: Ist/Facebook Panji Koming)

JAKARTA – Kartunis Dwi Koendoro menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis, (22/8/2019) sekira pukul pukul 3.14 WIB dini hari di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan.

Nama Dwi Koendoro sendiri dikenal sebagai pencipta strip komik bernama Panji Koming yang diterbitkan oleh surat kabar sejak 14 Oktober 1979. Dalam pengertiannya, Koming sendiri diartikan sebagai sosok yang bingung atau gila.

Baca Juga:

Kekuatan Magis Komik Panji Koming

Dwi Koen, Pencipta Kartun Panji Koming Berpulang

Panji Koming, Foto: Twitter Panji Koming

Memang, dalam penggambaran tokohnya, Panji Koming memiliki karakter lugu dan agak peragu. Ia sendiri hidup di masa kerajaan Majapahit bersama beberapa tokoh lainnya. Seperti diantaranya: Ni Woro Ciblon, pacar Panji yang cantik, pendiam dan sabar, ada pula temannya Pailul yang agak konyol namun lebih terbuka dan berani bertindak serta kekasihnya, Ni Dyah Gembili, perempuan gemuk yang selalu bicara terus terang.

Komik strip ini berlatar masa kerajaan Majapahit, namun dalam kisahnya mengangkat isu Indonesia terutama kritik sosial yang terjadi di Orde Baru dan masa kini.

Meski terbit di koran, namun seiring perkembangan zamannya strip komik Panji juga hadir di media sosial. Twitter menjadi wadah untuk mempublikasikan cerita Panji Koming yang juga bisa dinikmati oleh generasi milenial.

Baca Juga:

Temukan Bra Kalina Ocktaranny, Sabrina Chairunnisa: Gede Banget Guys

Tantri Kotak Sedih dan Syok Kandungannya Kena Infeksi


Pantauan Okezone, strip komik masih diunggah hingga 14 Agustus 2019. Di mana Panji bersama kekasihnya, Ni Woro Ciblon ada di samping makam Lim Bun Chai. Pria itu adalah desainer grafis Kompas yang tutup usia 11 Agustus silam.

“Selamat jalan Lim Bun Chai. Terima kasih atas goresan kuasnya,” tulis official akun Panji Koming.

Karya lainnya yang hadir di official Twitter Panji Koming, sebuah sindiran yang ditujukkan untuk pemimpin yang enggan untuk dilengserkan.

Baca Juga:

Millendaru Tampil Seksi di Klub Malam, Netizen Salah Fokus ke Jakun

Dihujat Netizen Karena Belahan Dada, Vanessa Angel: Aku Limited Edition

Panji Koming, Foto: Twitter Panji Koming

“Kartun 38 tahun lalu dan masih klop,” tulisnya.

Ada pula strip komik lainnya yang juga menggambarkan upaya pembangunan negeri namun masih terjadi korupsi. “Sulitnya membangun negeri jika tidak didukung dan tidak diurus dari segala lini. Apalagi jika masih banyak tikus menggerogoti.”

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Liburan ke Bali, Aurel dan Ashanty Pakai Busana Seksi Bermotif Ular

Aurel dan Ashanty sedang bersandar di tembok. (Foto: Instagram @ashanty_ash, @aurelie.hermansyah, @azriel_hermansyah)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini