nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sosok Dwi Koen 'Panji Koming' di Mata Kartunis Jitet Koestana

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 14:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 22 33 2095238 sosok-dwi-koen-panji-koming-di-mata-kartunis-jitet-koestana-v7joqg2pHh.jpg Panji Koming karya Dwi Koen (Foto: YouTube)

JAKARTA – Pencipta kartun Panji Koming, Dwi Koendoro alias Dwi Koen meninggal dunia di usia 78 tahun setelah berjuang melawan penyakit stroke yang sudah lama dideritanya. Rasa kehilangan dirasakan oleh rekan seprofesi Dwi Koen, kartunis Jitet Koestana.

Baca Juga: Dwi Koen, Pencipta Kartun Panji Koming Berpulang

Jitet Koestana menyebut bahwa Dwi Koen adalah sosok guru besar untuknya. Bahkan, gara-gara Dwi Koen lah akhirnya Jitet Koestana dapat berkarya melalui komik.

Dwi Koen

“Pak Dwi Koen itu seorang bapak yang baik, bijak dan dia enggak sayang membagikan ilmu dan kemampuannya. Pak Dwi Koen Berbagi ilmunya itu benar-benar enggak sayang,” ujar Jitet Koestana saat dihubungi Okezone melalui sambungan telepon, Kamis (22/8/2019).

Komik Panji Koming

Selain itu, Jitet menyebut bahwa Dwi Koen merupakan sosok yang lengkap. Berbagai kemampuan dimiliki oleh sang pencipta karakter Panji Koming ini.

“Dia itu salah satu kartunis Indonesia dengan kemampuan yang lengkap, dalam artian bikin karikatur bagus, ilustrasi bagus, bikin komik bagus, bikin kartun bagus, lengkap. Pak Dwi Koen itu juga gudang ilmu,” sambungnya.

Dwi Koen

Sebagai komikus yang lebih senior, Dwi Koen juga kerap membagikan pelajaran kepada Jitet dan kawan-kawan seangkatannya. Meski tak jarang memberikan kritikan, namun Dwi Koen juga berbagi saran untuk rekan-rekannya.

“Pak Dwi Koen itu ya dia kalau kritik ya yang membangun. Seperti, ‘Ini kayaknya bajunya kurang gini, gimana kalau jadi begini.’ Jadi, enggak merusak karya orang lain,” lanjut Jitet.

Jitet juga menceritakan sedikit tentang hubungan pertemanannya dengan Dwi Koen. Menurut Jitet, dia sudah mengenal Dwi Koen saat menjadi pekerja freelance.

Baca Juga: Aura Kasih Ingin Penjarakan Kritikus Film Gara-gara Cuitan 'Pabrik Susu'

“Alhamdulilah (dengan Dwi Koen) dipertemukan di Majalah Humor. Sebelum di Majalah Humor, sudah kenal tapi tidak seakrab saat di Majalah Humor,” ujar Jitet Koestana.

1
3
BERITA FOTO
+ 4

15 Komika Terbaik di Ajang BukaTawa

Vice President of Marketing Bukalapak Bayu Syerli (kiri) bersama Host BukaTawa Pandji Pragiwaksono.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini