nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anggun C Sasmi: Saatnya Indonesia Memikirkan Dwi Kewarganegaraan

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 12:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 33 2093744 anggun-c-sasmi-saatnya-indonesia-memikirkan-dwi-kewarganegaraan-xk0Rs475rh.jpg Anggun C Sasmi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Diva internasional, Anggun C Sasmi, diketahui tak pernah luput dari komentar pedas para netizen. Bahkan baru-baru ini, dirinya sempat disinggung soal paspor dan status kewarganegaraannya.

Singgungan tersebut dituliskan oleh salah seorang netizen dalam unggahan video Anggun di ajang pembukaan Asian Games 2019 lalu. Melihat hal itu, Anggun pun memberi komentar cukup panjang mengenai pertanyaan tersebut. Bahkan ia sempat menangkap tulisannya untuk kembali di unggah di akun Instagramnya.

Baca Juga:

Foto Bareng Suami, Anggun Minta Disumpahin Netizen

Selamat! Anggun Jadi Juri Indonesia Pertama di Ajang The Masked Singer Perancis

Anggun C Sasmi


"Ah saya enggak butuh pengakuan ini itu. Yang memasalahkan kewarganegaraan hanya mereka yang bermentalitas tertentu, yang kebanyakan belum pernah pergi kemana-kemana, belum merasakan menjadi minoritas, yang nggak tau kalau warna paspor yang ‘salah’ sering diberi masalah di banyak negara (misalnya dulu dengan paspor Indonesia saya nggak dibolehi dapat visa ke Portugal)," tulis Anggu, pelantun Snow On The Sahara tersebut dalam unggahannya.

"Ada rangking negara-negara yang berpaspor ‘kuat’ (Indonesia no 75, Prancis no 4). Dan banyak orang yang sukanya memberi prioritas dari ‘bungkusan’ (paspor, pake batik, dll) tapi nggak paham makna," sambung Anggun.

Tak hanya sampai di situ, ibu dari Kirana Cipta Montana ini mengungkap bahwa cukup banyak anak Indonesia yang lahir tanpa bisa berbahasa yang baik dan benar. Ditambah lagi, anak-anak blasteran pun diminta untuk memilih kewarganegaraan, lantaran Indonesia tak bisa memberikan dua kewarganegaraan pada masyarakatnya seperti beberapa negara lain.

Baca Juga:

13 Tahun Jadi Asisten Raffi Ahmad, Rumah Merry Bikin Netizen Takjub

Metallica Mainkan Lagu Indonesia Raya di Amerika?   

Anggun C Sasmi Ingin Lahirkan Penyanyi Besar Baru dari The Voice Indonesia

"Banyak sekali WNI yang lahir dan tinggal di Indonesia tapi anaknya sendiri enggak bisa berbahasa Indonesia. Ini yang buat saya gemas, karena diaspora Indonesia yang tinggal di negara-negara lain banyak sekali dan untuk anak-anak blasteran mereka diharuskan memilih antara dua kewarganegaraan buat saya sayang sekali? Kenapa harus milih? Kenapa enggak boleh dua-duanya? Sudah banyak kok contohnya," paparnya.

"Kita kan sekarang hidup di dunia yang setiap orang beradaptasi dengan kultur berbeda. Mungkin sudah saatnya Indonesia memikirkan untuk bisa memberi dwi kewarganegaraan seperti negara-negara lain," pungkasnya.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Anggun C Sasmi Ingin Lahirkan Penyanyi Besar Baru dari The Voice Indonesia

Melalui ajang The Voice Indonesia, Anggun C Sasmi ingin menghasilkan penyanyi besar baru di industri musik Tanah Air.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini