nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Sultan Hamengkubuwono X Puas Tonton Film Bumi Manusia

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 14 206 2091916 sri-sultan-hamengkubuwono-x-puas-tonton-film-bumi-manusia-GRs2yoEspM.jpg Pemain Bumi Manusia dan Sri Sultan Hamengkubuwono X (Foto: Vania/Okezone)

YOGYAKARTA - Sri Sultan Hamengkubuwono X menjadi satu dari sekian banyak masyarakat Yogyakarta yang hadir dalam gala premier film Bumi Manusia pada Selasa, 13 Agustus 2019. Hadir dengan ditemani istrinya, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, orang nomor satu Yogyakarta tersebut menyempatkan waktu selama 3 jam untuk menonton film karya Hanung Bramantyo ini.

Baca Juga: Diundang ke Keraton Yogyakarta, Mawar De Jongh Siapkan Pakaian Khusus

Usai menonton film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer itu, Sri Sultan nampak terlihat berbincang-bincang dengan Hanung. Setelahnya, ia berdiri dan memberikan selamat untuk film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Sha Ine Febriyanti, hingga Mawar Eva De Jongh tersebut.

Pemain Bumi Manusia di Keraton

Saat hendak melangkahkan kaki keluar dari gedung Empire XXI, Yogyakarta yang menjadi lokasi gala premier, Sri Sultan Hamengkubuwono X sempat mengutarakan pendapatnya terkait film Bumi Manusia. Pria 73 tahun tersebut merasa sangat puas dengan hasil karya suami Zaskia Adya Mecca ini. Bahkan, Sri Sultan menilai Bumi Manusia memiliki kedalaman isi yang bisa membuat penontonnya banyak belajar.

Pemain Bumi Manusia dan Sri Sultan

"Kesan saya bagaimana cerita itu bukan bicara klimaks seperti cerita yang lain. Tapi ke dalam values, ke dalaman isi. Bagaimana dari cerita itu, kita tahu bagaimana seseorang membuat aturan hukum, menghargai orang, dilihat dari sisi kulit, dari sisi penjajahan, dari hukum keadilan yang tidak didapat. Jadi memang itu kompleks sekali," ungkap Sri Sultan Hamengkubuwono X.

"Jadi dari situlah kita bisa paham, bagaimana arti penjajahan itu. Dan bagaimana arti kehidupan dan keadilan itu ditafsirkan sendiri-sendiri tanpa ada kepastian, dari nilai membedakan orang lain, warna kulit," tuturnya.

Lebih jauh, Sri Sultan Hamengkubuwono X menganggap Bumi Manusia memberikan pesan tentang kemanusiaan dan kehidupan yang cukup dalam.

"Cerita itu memberikan nilai yang sangat dalam untuk kita pahami, di dalam konteks untuk membangun persaudaraan, pertemanan, menghargai sesama, keadilan dan sebagainya yang sebenarnya universal, menjadi sesuatu yang akhirnya tidak universal karena perbedaan," pungkasnya.

Baca Juga: Ribut dengan Istri, Gilang Dirga Teriak hingga Tinju Pintu Kamar

Sebelumnya diberitakan, Sri Sultan sempat mengundang para pemain dan kru Bumi Manusia untuk singgah ke kediamannya. Dalam kesempatan itu, Sri Sultan mengutarakan keinginannya agar Hanung Bramantyo dan para penggiat seni serta budayawan dapat membangun sekolah film di Yogyakarta.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Iqbaal Ramadhan Raih Penghargaan International Film Festival & Awards di Macau

Acara penghargaan tersebut berlangsung di gedung Macau Cultural Center, Makau, Tiongkok. (Foto: instagram iqbaal.e)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini