nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sinopsis Bumi Manusia yang Tayang Perdana Hari Ini

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 13:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 15 206 2092209 sinopsis-bumi-manusia-yang-tayang-perdana-hari-ini-KNTf1Y5zzG.jpg Para aktor film Bumi Manusia. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Film Bumi Manusia akan memulai debutnya di bioskop Tanah Air, pada hari ini (15/8/2019). Sebelum tayang, Falcon Pictures sempat mempromosikan film itu ke dua kota: Surabaya dan Yogyakarta.

Film Bumi Manusia bersetting abad ke-20, di mana Nusantara masih dikuasai Belanda. Di era itulah Minke (Iqbaal Ramadhan), pemuda pribumi yang mencicipi pendidikan Belanda jatuh cinta kepada Annelies Mellemma (Mawar Eva de Jongh).

Poster Film Bumi Manusia. (Foto: Falcon Pictures)

Baca juga: Diundang ke Keraton Yogyakarta, Mawar De Jongh Siapkan Pakaian Khusus

Annelies terlahir dari seorang pria Belanda bernama Herman Mellemma dan gundiknya bernama Nyai Ontosoroh. Sayang, ayah Minke menentang keras kisah cinta putranya dengan Annelies karena keberadaan Ontosoroh.

Mafhum, posisi nyai pada era itu memiliki strata sosial yang sangat rendah. Bahkan, kerap kali dianalogikan lebih rendah dari binatang. Meski ditentang, toh Minke memiliki pandangan sendiri tentang Nyai Ontosoroh.

Minke kagum dengan pemikiran Nyai Ontosoroh. Meski terlahir bukan dari keluarga terpelajar, namun perempuan itu tetap bisa mengatur usaha dan keuangan sang suami dengan sangat baik.

Baca juga: Vanessa Angel Sebut Ruben Onsu Pernah Berselingkuh dengan Pedangdut

Film garapan Hanung Bramantyo ini cukup menarik minat banyak pihak, tak terkecuali para artis dan pejabat. Bahkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus hadir dalam gala premier film tersebut pada 9 Agustus silam.

Pada 13 Agustus 2019, Gubernur DIY Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X juga menyempatkan diri hadir dalam gala premier Bumi Manusia. Sultan mengaku puas dengan keseluruhan film tersebut.

"Di Jakarta, Bumi Manusia ditonton Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Hari ini (15/8/2019), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga akan menyempatkan diri menonton film ini,” ujar Hanung Bramantyo selaku sutradara Bumi Manusia.

Harapan Hanung Bramantyo terkait film Bumi Manusia. (Foto: Okezone) 

Hanung tampaknya enggan mematok karyanya dengan jumlah penonton. Baginya, kepuasan penonton dalam menikmati karyanya jauh lebih berharga. “Film ini bisa selesai, dinikmati, dan dinilai tidak mencederai roh novelnya saja sudah cukup bagi saya," ungkap Hanung.

Baca juga: 4 Fakta Mutia Ayu, Pedangdut Seksi yang Diisukan Dekat dengan Glenn Fredly

Hanung Bramantyo menambahkan, "Jumlah penonton hanya bonus yang lebih banyak terkait dengan produser. Kan mereka yang keluar uang lebih dari Rp30 miliar untuk film ini.”

Film Bumi Manusia

Poster Bumi Manusia. (Foto: Falcon Pictures)

Sutradara: Hanung Bramantyo

Penulis Skenario: Salman Aristo

Diadaptasi dari: Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Aktor: Iqbaal RamadhanMawar Eva de JonghSha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, Donny Damara, Giorgino Abraham, Bryan Domani, Jerome Kurniawan.

Rumah Produksi: Falcon Pictures

Durasi: 172 menit*

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Diadaptasi dari Novel Karya Pramoedya, Reza Rahadian dan Chelsea Islan Bermain Kembali dalam Bunga Penutup Abad

Reza Rahadian sebagai Minke, Chelsea Islan sebagai Annelies dan Marsha Timothy sebagai Nyai Ontosoroh dalam pertunjukan Bunga Penutup Abad di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jumat 16 November 2018. Bunga Penutup Abad merupakan sebuah pementasan teater yang diadaptasi dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang termasuk dalam seri novel Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini