nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bumi Manusia Berlabel 17 Tahun ke Atas, Ini Tanggapan Iqbaal Ramadhan

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 03:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 12 206 2091098 bumi-manusia-berating-17-tahun-ke-atas-ini-tanggapan-iqbaal-ramadhan-YD4g4EjSpH.jpg Iqbaal Ramadhan sebagai Minke di Bumi Manusia (Foto: Falcon Pictures)

JAKARTA - Iqbaal Ramadhan berperan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia yang diangkat dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo itu masuk klasifikasi untuk 17 Tahun Ke Atas oleh Lembaga Sensor Film (LSF).

Hasil klasifikasi LSF ini cukup mengejutkan mengingat jumlah penggemar Iqbaal yang notabene berasal dari kalangan anak remaja SMP hingga SMA. Lantas apa tanggapan Iqbaal atas klasifikasi ini?

Baca Juga:

Unggah Foto Keluarga, Penampilan Maia Estianty Tuai Kritik Netizen

Merry Pamit, Raffi Ahmad Beri Jam Tangan Mewah Senilai Rumah dan Mobil

Iqbaal Ramadhan Raih Penghargaan International Film Festival & Awards di Macau


"Kalau ditanya pendapat pribadinya, gua pasti respect aja. Karena bukunya memang juga berat, ya. Semua yang nonton film ini bisa mendapatkan esensi sepenuhnya dalam bukunya," kata Iqbaal saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva de Jongh

Iqbaal Ramadhan sendiri merasa bahwa jika Falcon memaksa menurunkan klasifikasi hanya demi pasar, ia malah takut mengecewakan keluarga Pramoedya Ananta Toer. Iqbaal berpendapat bahwa hal terpenting dari film Bumi Manusia sendiri adalah menyampaikan esensi dari dalam buku lewat media audiovisual.

"Gua percaya ini yang terbaik, pasar bisa dibentuk, gua rasa kenapa alasannya 17 tahun ke atas sudah jelas sih. Bukan karena kami mencoba untuk membatasi, kami memang berharap 13 ke atas, tapi kita juga tidak memaksa dan ikut aja," tambahnya.

Film Bumi Manusia sendiri akan mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai tanggal 15 Agustus 2019. Bumi Manusia akan bertarung langsung dengan film Pram lainnya, yang juga diproduksi Falcon, yakni Perburuan.

Baca Juga:

Lucinta Luna Berbikini, Penampilan sang Pacar Jadi Sorotan

Berusaha Tabah, Dede Sunandar Tak Mau Keluhkan Penyakit Anaknya 

(aln)

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Iqbaal Ramadhan Raih Penghargaan International Film Festival & Awards di Macau

Acara penghargaan tersebut berlangsung di gedung Macau Cultural Center, Makau, Tiongkok. (Foto: instagram iqbaal.e)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini