nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Tersangka Kasus Ikan Asin, Rey Utami dan Pablo Benua Terancam 5 Tahun Penjara

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 10:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 11 33 2077418 jadi-tersangka-kasus-ikan-asin-rey-utami-dan-pablo-benua-terancam-5-tahun-penjara-YP4HFher9l.jpg Rey Utami dan Pablo Benua. (Foto: Instagram)

JAKARTA – Ditetapkan sebagai tersangka kasus ikan asin, pasangan suami istri Rey Utami dan Pablo Benua dihadapkan pada dua pasal sekaligus: UU ITE pasal 27 ayat 1 dan 3 terkait penyebaran konten asusila serta pencemaran nama baik.

Dikenakan dua pasal tersebut, keduanya terancam hukuman 5 tahun penjara. Hal ini disampaikan Gursal, perwakilan tim kuasa hukum Rey Utami dan Pablo Benua.

Rey Utami dan Pablo Benua resmi jadi tersangka kasus ikan asin. (Foto: YouTube)

Baca juga: Kronologi Penetapan Status Tersangka Rey Utami dan Pablo Benua Versi Kuasa Hukum

“Dijerat pasal 27 ayat 1 dan ayat 3 junto pasal 45 hukumannya sama pasal 310 dan 311 KUHP. Ancamannya, untuk pasal 27 ayat 1 itu sekitar 5 tahun penjara. Kalau ayat 3, sekitar 4 tahun,” ujar Gursal seperti dilansir Okezone dari saluran YouTube salah satu infotainment, pada Kamis (11/7/2019).

Menurut Gursal, penetapan kedua kliennya sebagai tersangka dianggap tak adil. Terlebih, Galih Ginanjar yang mengeluarkan kata-kata tak pantas masih berstatus sebagai saksi.

“Enggak fair ini karena yang mengucapkan (ikan asin) justru enggak ditahan. Sementara yang mendistribusikan konten (Rey dan Pablo) justru ditahan,” lanjutnya.

Seperti diketahui status hukum Rey Utami dan Pablo Benua kini telah dinaikkan menjadi tersangka. Padahal, keduanya masih menjalankan proses BAP sebagai saksi atas kasus video ikan asin yang diucapkan oleh Galih Ginanjar di saluran YouTube milik mereka.

Baca juga: Selain Isu Pindah Agama, Ini 4 Kontroversi Lain yang Dibuat Salmafina Sunan

Pablo Benua dan Rey Utami pun kini berencana menyeret manajemen yang memproses video tersebut lewat langkah pra-peradilan. “Iya, karena yang mendistribusikan konten itu kan ada manajemennya,” pungkas Gursal.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 7

Celotehan Galih Ginanjar Soal Ikan Asin Akhirnya Dibawa ke Jalur Hukum

Fairuz datang ditemani suami dan tim kuasa hukum dari Hotman Paris Hutapea.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini