nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raditya Dika & Kisah Tanah Jawa Ungkap Harga Perdagangan Tuyul

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 27 33 2060936 raditya-dika-kisah-tanah-jawa-ungkap-harga-perdagangan-tuyul-1UVr0yJRIf.jpg Raditya Dika da Kisah Tanah Jawa (Foto: Youtube)

JAKARTA Raditya Dika kerap mengungkap kisah mistis dalam channel YouTubenya bertajuk ‘Paranormal Experience’. Kali ini, ayah satu anak itu kembali mengajak Kisah Tanah Jawa untuk berkolaborasi dan menceritakan soal perdagangan tuyul.

Raditya Dika mengatakan jika dirinya pernah melihat website jual beli tuyul di Internet dan bertanya soal kebenaran dari bisnis mistis tersebut. Menariknya, Hari Kurniawan dari Kisah Tanah Jawa membenarkan hal tersebut.

Baca Juga: 

Cornelia Agatha: Mau Peluk Zaenab, Saya Kasihan Sama Dia

Unggahan Glenn Fredly yang Membuat Pendukung 02 Berang

“Jadi itu benar ada yang dagang tuyul? Gua baru tahu, dan anehnya lagi tuyul-tuyul itu juga ada peringkatnya. Ada yang turbo, terus tidak gampang menyerah,” kata Raditya Dika dalam video yang diunggah pada Minggu, (26/5/2019).

Sekali lagi Hari Kurniawan yang akrab disapa Om Hau ini juga mengiyakan jika memang setiap tuyul punya kategori masing-masing. Bahkan bukan hanya dilihat dari kemampuannya untuk mencuri uang, tapi juga dari wajahnya.

“Kami juga punya sembilan penjabaran tuyul mas, ada yang wajahnya bagus seperti anak-anak, ada juga yang jelek seperti tidak ada rambutnya. Tuyul yang lebih jelek lagi itu ada, namanya tuyul reject. Kami pernah ketemu sama dia, namanya Imin,” papar Hau.

Mendengar penjelasan itu, Raditya pun penasaran berapa harga setiap tuyul yang diperdagangkan oleh seorang joki kepada seseorang yang hendak membeli. Hau kemudian menyebut jika tuyul termurah bisa dihargai Rp100.000 dan yang termahal bisa mencapai Rp100 juta.

Hau kemudian mengingatkan jika seseorang yang membeli tuyul harus merawatnya termasuk memberikan sosok ‘pendamping’ untuk menyusui tuyul tersebut. Mengingat jika bentuk makhluk halus tersebut adalah anak-anak maka juga harus diperlakukan layaknya seorang yang mengasuh anak.

“Istilahnya orang yang beli tuyul itu mengadopsi, kalau ditelantarkan nanti ibu asuhnya itu seperti marah karena melanggar perjanjian. Makanya mereka itu, apalagi tuyul mahal yang menyerupai anak manusia harus dibelikan mainan sama baju,” jelas Hau.

Selain membahas soal harga Tuyul beserta klasifikasinya, suami dari Anissa Aziza itu sekaligus menanyakan proses pencurian tersebut. Rupanya berbeda dari pemahaman orang-orang di mana tuyul akan mengambil uang secara langsung, tuyul tersebut justru mengambilnya dari tempat yang jauh dari lokasi uang itu.

“Tuyul itu biasanya ada di luar rumah, dan mengambilnya itu seperti uang itu teleportasi ke tuyul. Terus, prosesnya juga enggak langsung hilang tapi bertahap,” pungkas Hau.

(aln)

BERITA FOTO
+ 10

Hamil 6 Bulan, Istri Raditya Dika Dapat Kejutan Baby Shower

Momen Anissa Aziza saat foto bersama sahabat dan keluarganya saat diberi kejutan baby shower. (Foto: Instagram kykuu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini