nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miris, Yayan Ruhian Sebut Pencak Silat Lebih Diapresiasi di Negeri Orang

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 13:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 15 206 2055972 miris-yayan-ruhian-sebut-pencak-silat-lebih-diapresiasi-di-negeri-orang-B1PqwFYJ0V.jpg Yayan Ruhian (Foto: Instagram)

JAKARTA - Yayan Ruhian bingung bukan kepalang karena pencak silat justru lebih diapresiasi di negeri orang. Hal itu ia rasakan sendiri dari pengalaman dirinya ketika mendapatkan pekerjaan untuk film-film asing yang memintanya menampilkan seni bela diri pencak silat.

Ironisnya, di negeri sendiri, pencak silat sudah mulai ditinggalkan bahkan tak diminati oleh generasi mudanya. Padahal Yayan Ruhian mengaku dirinya sangat disanjung ketika memperkenalkan pencak silat dalam produksi film Hollywood.

Baca juga: Main di Film John Wick: Parabellum, Yayan Ruhian Perkenalkan Karambit

Yayan Ruhian Instagram

"Sebagai orang silat saya merasa bangga kerja di negara lain. Kami merasa jadi raja yah. Di sana kita dihargai sekali. Kita datang dijemput, pulang dibayar. Di sini kita nungguin, mau ngajar gratis saja kadang nggak ada yang datang," kata Yayan.

Namun Yayan berharap agar banyaknya pencak silat di film Hollywood bisa memacu anak-anak muda bangsa Indonesia kembali mencintai seni bela dirinya. Yayan ingin agar para generasi muda mencintai dan menghargai budaya seni bela diri pencak silat.

Baca juga: Gunakan Hijab, Maudy Koesnaedi Konsisten Tutup Aurat?

Yayan Ruhian Instagram

Misi tersebut kini sedang dijalani oleh Yayan. Ia kembali terlibat dalam penggarapan film Hollywood, John Wick: Parabellum. Di film ini ia membawa pencak silat untuk diperkenalkan bersama senjata karambit.

"Mudah-mudahan ada rasa takut kehilangan budaya. Ada rasa ingn mempelajari bela diri yang asli dari Indonesia," pungkas Yayan Ruhian.

(sus)

BERITA FOTO
+ 9

Dikabarkan Dekat dengan Sule, Intip Potret Cantiknya Baby Shima

Nor Ashima Ramli atau lebih dikenal Baby Shima merupakan penyanyi bergenre pop dance berkebangsaan Malaysia. (Foto: Instagram @babyshimaofficial)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini