nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Versi Remake, Mira Lesmana Sebutkan Perbedaan Bebas dari SUNNY

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 16:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 11 206 2054435 versi-remake-mira-lesmana-sebutkan-perbedaan-bebas-dari-sunny-0NByFnZDaU.jpg Cast film Bebas (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Bekerjasama dengan CJ Entertainment, rumah produksi Miles Films siap merilis sebuah film terbaru mereka berjudul Bebas yang merupakan adaptasi dari film box office Korea, SUNNY.

Baca Juga: Demi Film Bebas, Giorgino Abraham Jalani Proses Casting 4 Bulan

Sempat meraih lebih dari 7 juta penonton di Korea pada 2011 lalu, pihak Miles Films mencoba untuk mengadaptasi film tersebut dan mentransformasi karakter-karakter khas Negeri Gingseng menjadi lebih Indonesia, khususnya kota Jakarta.

Berjudul Bebas, film karya sutradara Riri Riza ini akan tayang pada Oktober 2019 mendatang. Lantas sejauh mana film Bebas akan sama dengan SUNNY yang juga sempat tayang di beberapa negara seperti Jepang dan Vietnam?

Film Bebas

"Kalau secara struktur tentunya enggak beda jauh dengan film SUNNY. Justru strukturnya yang buat kami tertarik. Yang khas dari SUNNY adalah lokalitas, karakter yang sangat Korea dan ibukotanya, Seoul," jelas Mira Lesmana, selaku produser film Bebas, saat ditemui di kawasan Cipete Utara, Jakarta Selatan, Jumat 10 Mei 2019.

"Kalau melihat terjemahan bahasa Ingggrisnya itu kelihatan khas banget, dan itu yang Miles suka. Muatan lokal jadi bagian yang sangat penting," lanjut Mira.

Film Sunny

Berpegang pada penilaiannya itu, Mira pun mencoba untuk membuat SUNNY versi Indonesia. Jika SUNNY begitu khas dengan ke-Korea-annya, maka Bebas akan kental dengan muatan Indonesianya.

"Tetapi ketika kita mau menjadikan ini film Indonesia, bukan Korea yang di-Indonesia-kan, jadi semua karakternya harus Indonesia, semua gaya hidup, muatan lokalnya harus Indonesia," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa ada beberapa bagian yang akan diubah, terutama di bagian pemerannya, mengingat tidak banyak sekolah khusus wanita di Jakarta. Oleh karenanya, Mira Lesmana akan memasukkan satu orang pemeran laki-laki dalam film Bebas, lantaran situasi di kota Jakarta sendiri.

"Cara kita menggambarkan sekolah kita tidak menggambarkan sekolah perempuan, karena di SUNNY sekolah perempuan. Kedua dalam pertemanan di SUNNY kan semuanya cewek-cewek, nah di sini ada cowoknya satu," ungkap Mira.

"Jadi karakter cowok ini dia adalah yang dibully dan dimasukkan ke geng Bebas. Lalu kita menghilangkan satu karakter, kalau SUNNY ada tujuh orang, di sini enam orang. Ada yang kita create sendiri untuk menjadikannya lebih Indonesia, tapi untuk struktur cerita kurang lebih sama," pungkasnya.

Sama seperti film SUNNY, film Bebas pun akan membagi karakter utama menjadi dua kelompok, yakni remaja dan dewasa. Di mana Miles Films mengambil scene di tahun ajaran 95/96 dan masa kini, yakni 2018/2019. Menyempurnakan nuansa lawasnya, telah dipilih sembilan buah lagu hits di tahun 90-an seperti Kebebasan milik Singiku dan Bebas dari Iwa K. Hal tersebut tentu akan semakin membawa penonton bernostalgia.

Mira Lesmana

Bebas sendiri bercerita tentang persahabatan enam orang remaja yang terpisahkan selama 23 tahun. Film yang akan mengisahkan dua masa berbeda, yakni remaja dan dewasa dalam 'Geng Bebas' ini akan diperankan oleh oleh Maizura sebagai Vina remaja, Sheryl Sheinafia sebagai Kris remaja, Agatha Pricilla debagai Jessica remaja, Lutesha sebagai Suci remaja, Zulfa Maharani sebagai Gina remaja, dan Baskara Mahendra sebagai Jojo remaja.

Sementara untuk karakter dewasa, akan diperankan oleh Marsha Timoty sebagai Vina dewasa, Susan Bachtiar sebagai Kris dewasa, Indy Barens sebagai Jessica dewasa, Widi Mulia sebagai Gina dewasa, dan Baim Wong sebagai Jojo dewasa.

Baca Juga: Manohara Pamer Tato di Dada, Netizen: Sexy to The Max

Para pemain pendukung seperti Amanda Rawles, Giorgino Abraham, Brandon Salim, Kevin Ardilova, Syifa Hadju, dan Bisma Karisma juga akan tampil dalam Bebas. Film ini juga diketahui akan semakin ramai dihiasi oleh para penampil khusus seperti Jefri Nichol, Dea Panendra, Darius Sinatrya, Reza Rahadian, hingga Oka Antara.

(LID)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini