nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkenal Berkat Netflix, Mbah Satinem: Banyak yang Ngajak Foto

Alan Pamungkas, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 07:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 06 206 2051920 terkenal-berkat-netflix-mbah-satinem-banyak-yang-ngajak-foto-GsBg6oqks2.jpg Mbah Satinem (Foto: Youtube Netflix)

JAKARTA - Netflix lewat serial Street Food mengangkat kisah Mbah Satinem, penjual jajan pasar fenomenal di Yogyakarta. Mbah Satinem adalah salah satu dari sekian banyak penjual jajan pasar yang masih menjaga keaslian rasa jajan pasar di tengah gempuran makanan kekinian.

Netflix  mengangkat kisah Mbah Satinem dalam serial dokumenter Street Food episode Yogyakarta, Indonesia. Setelah kisah hidupnya diangkat menjadi serial dokumenter, Mbah Satinem pun makin terkenal.

Baca Juga: 

Hamil di Usia Kepala 4, Zhang Ziyi Rehat dari Dunia Hiburan

Lika-liku Bella Saphira Jadi Mualaf, Cibiran hingga Teguran dari Keluarga   

"Si Mbah seneng jadi semakin terkenal. Dua hari yang lalu ada yang belum pernah datang ke tempat Mbah, kemudian tiba-tiba datang, katanya tahu Mbah dari nonton Netflix," ujar Mbah Satinem dalam rilis yang diterima Okezone.

Tangan Mbah Satinem dalam mengolah makanan memang begitu spesial. Dengan racikanya, jajan pasar begitu nikmat dan mengiurkan. Terbukti, Presiden Soeharto, sempat menjadi pelanggan tetap Mbah Satinem.

"Sekarang ada banyak pembeli baru yang jadi tahu tempat Mbah berjualan. Banyak juga yang mengajak foto bareng dengan Mbah," sambungnya lagi.

Seperti diketahui, Indonesia kaya akan makanan khas tradisonal karena memiliki segudang budaya yang berbeda di setiap wilayah. Netflix pun turut mengangkat makanan khas asli Indonesia yang berasal dari Yogyakarta.

Jajan pasar, mi lethek hingga gudeg merupakan simbol makanan tradisional Yogyakarta yang masih menjaga adat dan budaya. Dari ramainya makanan kekinian, pesona jajan pasar, mi lethek dan gudeg masih menjadi primadona. Bahkan kerap menjadi oleh-oleh para wisatawan.

Di antara pembuat jajan pasar, nama Mbah Satinem adalah yang paling harum. Ia menjadi legenda hidup karena berhasil membuat jajan pasar begitu mengoda dan menarik. Berkat ilmu dari almarhum sang ibunda, Mbah Satinem terus menghadirkan jajan pasar yang autentik dengan cara pembuatan yang tradisional pula.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini