nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Movie Review: Menyelami MCU Lebih Dalam Bersama Captain Marvel

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 11:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 06 206 2026447 movie-review-menyelami-mcu-lebih-dalam-bersama-captain-marvel-qEsMepiFtu.jpg Captain Marvel (Foto: Geekdad)

JAKARTA – Lupakan dan simpan sejenak semua teori Anda mengenai bagaimana pasukan Avengers bisa menyelamatkan diri dari kekacauan di Infinity War. Pertempuran Avengers dan Thanos memang belum berakhir, namun superhero dari Marvel Cinematic Universe ini dipastikan akan bertambah kuat dengan kehadiran Captain Marvel.

Sebelum muncul dalam film Avengers: Endgame, Marvel Studios akan memperkenalkan jagoan barunya, Captain Marvel, lewat sebuah film standalone berjudul sama. Film pahlawan perempuan pertama di MCU ini sekaligus menandai era baru pasukan penjaga Bumi setelah satu abad berdiri dengan 20 filmnya.

Marvel Studios jelas menarik kembali lini masa mereka dengan kehadiran Captain Marvel. Setting yang diambil di dalam film ini mundur enam tahun ke belakang sebelum setting film Iron Man, atau lebih tepatnya pada tahun 1995.

 

Captain Marvel bercerita tentang Carol Danvers (Brie Larson) mencari jati dirinya sebagai manusia sebelum memiliki kekuatan super. Carol adalah seorang pilot yang darahnya tercampur dengan bangsa Kree dan terkena paparan kekuatan dari Inti Kekuatan.

Baca Juga: Bagaimana Reaksi Orang yang Sudah Nonton Film Captain Marvel?

Sebagai film superhero perempuan pertama, Captain Marvel terbilang cukup apik dalam menampilkan pesan pemberdayaan perempuan. Beberapa adegan dan dialog di dalam film ini sengaja diselipkan pesan bahwa perempuan terkadang masih dianggap belum setara dengan laki-laki.

Duet sutradara Anna Boden dan Ryan Fleck secara gamblang memunculkan adegan-adegan soal catcalling atau bahkan soal perempuan seharusnya begini dan tidak begitu. Pesan tersebut bisa dicerna dengan mudah oleh para penonton dengan adegan-adegan yang memang ringan dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam cerita komiknya, Captain Marvel disebut sebagai superhero terkuat dalam semesta Marvel. Sayangnya, alih-alih menunjukkan seberapa hebat kekuatan Captain Marvel, Anna dan Ryan justru lebih memilih mengupas cerita Marvel Cinematic Universe jauh ke belakang.

Dalam film ini ada banyak sekali hal baru yang bisa ditemukan oleh para penggemar Marvel sekaligus jawaban dari teka-teki berbagai misteri yang belum terungkap. Kemampuan superhero Captain Marvel justru malah terlihat kurang berkesan dan wah.

Bermodalkan kekuatan seperti itu, apakah Captain Marvel mampu untuk mengalahkan Thanos yang kini diperkuat oleh enam Infinity Stones? Terlebih pasukan Avengers hanya tersisa kurang dari setengahnya.

Kekuatan utama Captain Marvel justru terlihat dari kualitas akting para pemainnya. Brie Larson bermain dengan sangat apik dan menampilkan chemistry kuat bersama Nick Fury (Samuel L. Jackson). Pun dengan akting-akting para pemain lain seperti Ben Mendelsohn, Jude Law, Annette Bening, dan Lashana Lynch. Semuanya bermain apik dengan porsinya masing-masing.

Satu hal lain yang membuat film Captain Marvel menarik tentu saja adalah plot twist yang diselipkan di dalamnya. Perjalanan panjang Carol menyelami masa lalunya membuat twist-twist kecil di dalam film ini memiliki peran penting yang tetap membuat penonton fokus mengikuti cerita di layar.

 

Okezone memberikan nilai 7 untuk film Captain Marvel secara keseluruhan. Jangan lewatkan juga dua adegan post-credit yang akan menjembatani film ini menuju Avengers: Endgame. Saksikan film Captain Marvel di bioskop-bioskop Indonesia mulai hari ini, Rabu (6/3/2019).

(edh)

BERITA FOTO
+ 5

Baru Dirilis, Trailer Captain Marvel Langsung Jadi Trending

Pada trailer terbaru kali ini, beberapa adegan menegangkan pun dimunculkan. Captain Marvel menunjukkan kekuatannya di angkasa untuk menghadapi salah satu musuhnya. (Foto: twitter @MarvelStudios)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini