KPI Daerah Jabar Siap Menjawab Keluhan Bruno Mars

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 28 205 2024221 kpi-daerah-jabar-siap-menjawab-keluhan-bruno-mars-fzEF5cQ7tb.jpg Bruno Mars (Foto: Ist)

BANDUNG - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar angkat bicara soal kisruh musik barat yang dibatasi. KPID ‎merespons cuitan penyanyi Bruno Mars, soal keluhannya terkait dua lagu Bruno Mars, masuk dalam 17 lagu berbahasa Inggris yang dibatasi jam penyiarannya.

"Yah jelas bahwa itu tentu ada tanggapan pro dan kontra itu sebagai respons. Tapi kami sisi lain, kami punya kewenangan," kata Ketua KPID Jabar Dedeh Fardiah, saat di konfirmasi melalui sambungan telefonnya, Kamis (28/2/2019).

Baca Juga:

Bahagia Menikah dengan Reino Barack, Syahrini: Energy Of Akad

Alasan Kocak Syahrini & Reino Barack Menikah di Jepang versi Netizen

Ini Dia Para Pemenang Grammy Awards ke-60, Bruno Mars Borong Penghargaan

Dedeh menganggap ada salah presepsi atau penilaian terhadap keputusan KPID tersebut. Pasalnya, 17 lagu tersebut bukanlah dicekal, melainkan hanya dibatasi jam siarnya.

Ia juga menambahkan, pada keputusan ini bukan ditujukan kepada penyanyi atau artis. Keputusannya ini diperuntukan pada lembaga penyiaran.

"Tapi kalau memang (Bruno Mars) butuh penjel‎asan, yah kami jelaskan," ucap dia.

Pembatasan ini pun, lanjut Dedeh merupakan langkah dari KPID Jabar, guna menekan dampak negatif dari beberapa lagu yang dinilai memberikan dampak negatif, pada lirik lagunya.

"upaya kami, bagaimana dampak negatif tidak terlalu berdampak pada remaja terutama anak-anak," ungkapnya.

Seperti diketahui, penyanyi Bruno Mars merasa kaget karena lagunya masuk dalam daftar yang di batasi penyiarannya oleh KPID Jabar. Kekecewannya itu disampaikan melalui media sosial twitternya.

"Dear Indonesia, saya telah memberikan segalanya untuk menciptakan hits saya seperti Nothin On You, Just The Way You Are, dan Treasure. Jangan mengecewakan saya dengan isu lirik penyimpangan seksual," tulis Bruno.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Provinsi Jabar, batasi 17 lagu berbahasa Inggris karena di nilai tidak sesuai dengan amanah Undang-undang Penyiaran dan Pedmoman Perilaku Penyiaran Standar Program (P3-SPS).

17 lagu itu di tetapkan di batasi penayangan serta penyiarannya dengan kalsifikasi waktu dewasa mulai pukul 22.00 WIB hingga 03.00 WIB," ‎

Pembatasan tersebut lanjutan dari adanya aduan dari masyarakat dan hasil pemantauan KPID Jabar, yang diindikasikan tidak sesuai dengan Undang-undang P3-SPS.

Setelah ditelaah dan rapat dengar pendapat ahli, akhirnya disepakati bahwa 17 lagu yang berbahasa Inggris, tidak sesuai dengan aturan.

Untuk menindaklanjuti pembatasan tersebut, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran KPID Jabar dengan nomor surat 480/215/IS/KPID-Jabar/II/2019 tentang pembatasan lagu-lagu berbahasa Inggris.

berikut 17 lagu berbahasa Inggris yang dibatasi jam tangannya diantaranya;

1. Zayn Malik: Dusk Till Dawn

2. Camila Cabello Ft Pharrell W: Sangria Wine

3. The Killers: Mr Brightside

4. Zayn Malik: Let Me

5. Ariana Grande: Love Me Harder

6. Marc E Bassy: Plot Twist

7. Ed Sheeran: Shape Of You

8. Chris Brown ft Agnez Mo: Overdose

9. Maroon 5: Makes Me Wonder

10. Bruno Mars: That's What Like

11. Eamon: Fuck it I Don't Want You Back

12. Camila Cabello Ft Machine: Bad Things

13. Bruno Mars: Versace On The Floor

14. 88rising: Midsummer Madness

15. Dj Khaled Ft Rihana: Wild Thoughts

16. Yellow Claw: Till It Hurts

17. Rita Ora: Your Song.

(aln)

BERITA FOTO
+ 8

Ini Dia Para Pemenang Grammy Awards ke-60, Bruno Mars Borong Penghargaan

Bruno Mars sabet penghargaan untuk nominasi Record of The Year, Album of the year"24K Magic" dan Song of the year "That's What I Like" pada Grammy Awards ke-60 di New York, Amerika Serikat, Minggu (28/1/2018) waktu setempat. (REUTERS/Carlo Allegri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini