nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinggalkan Islam, Zayn Malik Picu Kekecewaan Fans

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 17 33 1979160 tinggalkan-islam-zayn-malik-picu-kekecewaan-fans-aQhZV6fUjL.jpg Zayn Malik. (Foto: Shutterstock)

LONDON - Wawancara Zayn Malik dalam edisi terbaru British Vogue sukses mengejutkan banyak pihak. Tak hanya karena dia mengaku tidak memiliki teman sepanjang kariernya bersama One Direction, namun juga karena dia mengungkapkan tak lagi menjadi seorang muslim.

Dalam artikel berjudul Zayn: The Vogue Interview yang diunggah majalah tersebut di situs resmi mereka (www.vogue.co.uk), pada 13 November 2018, Zayn Malik mengungkapkan tak lagi berstatus sebagai muslim. Meski begitu, dia sangat bersyukur menjalani masa kecil sebagai seorang penganut Islam.

Baca juga: Zayn Malik Curhat Tak Punya Teman selama Bersama One Direction

Malik dibesarkan dalam keluarga Inggris muslim keturunan Irlandia dan Pakistan. Sejak kecil, dia mengaku, belajar agama Islam dan kerap sembahyang ke masjid. Namun setelah dewasa dia mulai kehilangan imannya dan meyakini sesuatu yang lebih sederhana: berbuat baiklah maka kau akan diperlakukan baik.

“Aku tak percaya kau perlu memakan jenis daging tertentu yang telah didoakan dengan cara tertentu. Aku juga tidak percaya kau perlu berdoa dalam bahasa tertentu sebanyak lima kali sehari. Aku tak percaya semua itu. Aku hanya percaya, jika kau orang baik maka semua yang baik akan datang kepadamu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zayn mengaku, awalnya ragu mengungkapkan tentang kepercayaannya itu secara terbuka. Pasalnya, hal itu hanya akan memancing perdebatan tanpa akhir. Apalagi, menurut dia, agama adalah hal paling pribadi dari seorang manusia.

“Aku percaya, agama adalah sesuatu antara kau dan siapapun yang kau sembah. Bagiku, aku percaya Tuhan itu ada. Tapi apakah aku percaya akan keberadaan neraka? Tidak,” ungkapnya.

 

Keputusannya untuk meninggalkan Islam, menurut Zayn Malik telah diketahui kedua orangtuanya. “Mereka memberiku kebebasan untuk memilih kepercayaanku.” Meski demikian, musisi 25 tahun itu mengaku beruntung dibesarkan dalam prinsip-prinsip Islam. “Ada bagian yang sangat indah dari setiap agama,” ujarnya.

Terkait pengakuan Zayn tersebut, para penggemarnya pun mengungkapkan kekecewaan mereka. “Jangan salah paham. Aku menyukai Zayn, tapi sesungguhnya aku sangat kecewa dan terkejut (mendengar pengakuannya). Aku yakin, setiap muslim mengerti maksudku,” ujar pemilik @heba1_d di Twitter.

Dia menambahkan, “Umat muslim tak bisa meninggalkan agama mereka karena memang hal itu tak diizinkan. Dia (Zayn Malik) melakukan hal yang salah. Tuhan pasti menyediakan neraka untuknya. Aku sangat sedih.”

Baca juga: Foto Bareng Cinta Laura, Jessica Iskandar dan Nia Ramadhani Disebut 'Kebanting'

Pemilik akun @susi00 mengaku, tak lagi tertarik dengan Zayn sejak dia secara terbuka mendeklarasikan dirinya keluar dari Islam. “Alasan aku dari awal menyukai One Direction karena mereka memiliki member seorang muslim. Aku rasa sangat keren ketika dia tak makan babi di X-Factor dan mereka menyediakan daging ayam untuknya,” kata netizen tersebut.

Sementara pemilik akun @Eshhayyyy mengatakan, “Apakah aku terkejut (mendengar berita ini)? Tidak. Seseorang yang merokok, minum (miras), kerap berpesta, dan menghiasi tubuhnya dengan tato kemungkinan besar bukan seorang muslim. Maaf Zayn Malik, kau kehilangan seorang penggemar. Dan kau menyiramkan api ke kepalamu.”

(SIS)

BERITA FOTO
+ 6

Gigi Hadid dan Zayn Malik Pamer Kemesraan

Model Gigi Hadid dan penyanyi Zayn Malik menghadiri sebuah acara di New York, Amerika Serikat, Senin (2/5/2016). Pasangan kekasih ini tampak mesra saat tiba di lokasi.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini