nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK Rowling: Karakter Nagini Diambil dari Mitologi Indonesia

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 27 206 1956154 jk-rowling-karakter-nagini-diambil-dari-mitologi-indonesia-sLY1pKSKlS.jpg JK Rowling (Foto: Reuters)

JAKARTA – Tokoh siluman ular bernama Nagini yang hadir dalam trailer terakhir Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald menarik perhatian warganet di dunia maya. Tokoh tersebut akan diperankan oleh aktris asal Korea Selatan, Claudia Kim.

Bagi para penggemar dunia sihir Harry Potter, sosok Nagini memang bukan nama asing. Siluman ular tersebut nantinya akan bersekutu dengan Voldemort.

Baca juga: Berikut Daftar Lengkap Pemenang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2018

Namun rasa penasaran terhadap siapa sosok Nagini sebenarnya membawa para penggemar bertanya langsung kepada sang penulis naskah skenario, JK Rowling. Penulis berusia 53 tahun tersebut akhirnya memberikan penjelasan bahwa Nagini terinspirasi dari mitologi Indonesia.

Saat itu, sebuah akun merasa tak puas karena sosok Nagini adalah jelemaan manusia. Lalu pemilihan aktris Korea untuk memerankannya membuat akun @J_A_Moulton meminta penjelasan kepada Rowling.

“Naga adalah makhluk mitologis mirip ular dari mitologi Indonesia, maka diberi nama Nagini. Mereka kadang-kadang digambarkan bersayap, terkadang setengah manusia dan setengah ular. Indonesia terdiri dari beberapa ratus kelompok etnik, termasuk Jawa, China, dan Betawi. Semoga harimu menyenangkan,” jawab sang penulis.

Jika ditarik ke belakang, Indonesia juga memiliki cerita tentang sosok siluman ular setengah manusia dalam pewayangan. Jika JK Rowling menamainya Nagini, dalam kisah pewayangan ada satu tokoh bernama Naga Gini.

Screenshot Acha Septriasa 

Konon kabarnya, JK Rowling terinspirasi dengan tokoh Nagini dari Kalimantan. Oleh sebab itu tim casting Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald sempat mencari sosok aktris Indonesia untuk memerankan Nagini.

Baca juga: Marion Jola Sabet Piala Pendatang Baru Terbaik di AMI Awards 2018

Acha Septriasa mengaku mendapatkan tawaran peran tersebut. Sayangnya, Acha saat itu sedang hamil besar sehingga tidak bisa mengikuti casting. Claudia Kim pun menjadi pilihan tim casting untuk berperan sebagai Nagini.

Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald akan melanjutkan perjalanan Newt Scamander dalam menemukan makhluk-makhluk buas di dunia sihir Harry Potter. Film ini akan dirilis pada pertengahan bulan November mendatang. (ady)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini