nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bono Kehilangan Suara, Konser U2 di Jerman Dibatalkan

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Senin 03 September 2018 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 03 205 1945202 bono-kehilangan-suara-konser-u2-di-jerman-dibatalkan-5O6LMZ2oUJ.jpg Bono kehilangan suara saat konser U2 di Berlin, Jerman, 2 September 2018. (Foto: Reuters)

BERLIN – Grup band cadas asal Irlandia, U2, memutuskan untuk membatalkan pertunjukan mereka di Mercedes-Benz Arena, Berlin, pada Minggu malam (2/9/2018) waktu setempat. Keputusan itu diambil setelah Bono sang vokalis kehilangan suaranya.

Melansir NME, Senin (3/9/2018), Bono dikabarkan sempat meminta izin turun dari panggung selama 15 menit, sebelum menyanyikan Beautiful Day, tembang hits band itu pada tahun 2000. Namun kemudian, Bono tak pernah kembali ke atas panggung yang memaksa U2 membatalkan konser tersebut.

Pada awal pertunjukan, Bono memang sempat mengeluhkan asap rokok di venue konser. Ini karena memang di beberapa bagian Mercedes-Benz Arena, pengunjung diizinkan untuk merokok.

Baca juga: Donghae 'Suju' DM Dira Sugandi, Ungkap Kekaguman saat Tampil di Penutupan Asian Games 2018

“Aku seperti berada dalam cerutu raksasa. Aku kehilangan suara dan tidak tahu harus berbuat apa. Sekitar 10 menit yang lalu, aku bahkan bernyanyi seperti burung,” kata Bono kepada penggemarnya sesaat sebelum memutuskan turun dari panggung.

Terkait pembatalan konser itu, ketiga personel U2 lainnya (Adam Clayton, The Edge, dan Larry Mullen) akhirnya merilis pernyataan resmi melalui situs resmi band tersebut. “Maafkan kalau kami harus membatalkan pertunjukan malam ini. Bono dalam keadaan sehat dan suaranya pun baik-baik saja sebelum pertunjukan dimulai,” ungkap band itu.

Mereka menambahkan, “Kami antusias dengan pertunjukan malam kedua di Berlin. Namun setelah beberapa lagu, Bono tak bisa mengeluarkan suaranya.”

Ketiga personel U2 itu mengaku tak tahu apa yang terjadi pada sang vokalis. Namun yang pasti, Bono  dalam tahap pemulihan saat ini. “Seperti biasa, kami menghargai pengertian penonton dan dukungan penggemar yang telah datang jauh-jauh ke Berlin. Kami akan menyampaikan kabar terbaru tentang Bono secepatnya.”

Sebagian besar fans U2 menunjukkan rasa simpati dan pengertian mereka terkait hal itu. Meski seorang fans yang terbang dari Inggris ke Berlin mengaku sedih dengan keputusan itu.

“Sangat sedih pertunjukan itu dibatalkan. Tapi apa daya, Bono tak bisa bernyanyi. Namun menurutku, akan lebih elok kalau mereka semua keluar dan menjelaskan kondisinya sebelum membatalkan konser,” kata fans tersebut seperti dilansir dari BBC.

Baca juga: Diisukan Tak Direstui Orangtua, Ini Jawaban Billy Syahputra

Sementara fans lainnya menuliskan rasa simpatinya untuk Bono melalui Twitter. “Lihat bagaimana suara #Bono begitu menggelegar, sebelum dia kehilangannya. Penonton mengerti ketika dia harus menyerah dan tak berdaya atas kondisi itu. Bagaimanapun Bono hanyalah manusia biasa seperti kita,” tulis pemilik akun @AsleyJudd.

Tur ‘Experience + Innocence’ U2 masih akan berlanjut di beberapa kota lainnya di Eropa. Setelah Berlin, Bono cs akan manggung di Cologne, Jerman, pada 4 September 2018.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini