nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berpolitik Lewat Musik, Kaka Slank: Lebih Ngena daripada Jadi Politisi

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 06 33 1919012 berpolitik-lewat-musik-kaka-slank-lebih-ngena-daripada-jadi-politisi-2w8oZTID66.jpg Slank (Foto: Okezone)

JAKARTA – Memasuki tahun politik 2018, tak sedikit artis Tanah Air yang memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan beralih menjadi calon legislatif. Fenomena artis terjun ke dunia politik seolah menjadi tren tersendiri di kalangan selebritas Tanah Air.

Namun hal itu justru tak berlaku bagi pentolan band Slank Kaka. Pria berusia 44 tahun itu justru tidak tertarik dengan dunia politik hingga beralih menjadi seorang politikus.

Meski demikian, Kaka selalu mengingatkan kepada para Slankers, sebutan penggemar Slank, untuk tidak buta kepada politik. Pasalnya, para penggemarnya yang didominasi dari generasi milenial itu jumlahnya sangat banyak dan rentan terombang-ambing.

Aksi Panggung Slank dan Sheila on7 di 40 Jam Bersama BPJS Ketenagakerjaan

(Baca Juga: Perkaya Konten, Artis-Artis ini Buat Talk Show di Channel YouTube-nya)

(Baca Juga: Bertemu Deddy Corbuzier, Dwayne Johnson Seperti Ketemu Kembaran)

“Enggak tertatik (terjun ke politik), sama politik praktis no. Tapi aku selalu mengimbau kepada Slankers supaya enggak buta politik, harus tetap mengerti jadi enggak gampang diombang ambing,” ujar Kaka dalam tayangan Good Friend di Inews.

Alih-alih ingin mengingatkan para penggemarnya untuk melek politik, Kaka pun menciptakan berbagai lagu. Justru lewat lagu lah para generasi milenial lebih bisa memahami politik sebenarnya dibandingkan lewat kampanye.

 Keren! Slank, Gigi dan God Bless Satu Panggung di Amazing 15 Global TV

Meskipun tak terjun ke dunia politik, diakui oleh Kaka bahwa lagu yang ia ciptakan adalah bagian dari politik. Lagu dijadikan sebagai media informasi yang bisa mempengaruhi seseorang ke arah yang positif.

“Sebenarnya dari lagu gue berpolitik mempengaruhi orang supaya jadi pintar. Lewat lagu, lirik itu jauh lebih ‘ngena’ daripada lo harus jadi politikus kampanye sana-sini,” ungkap Kaka.

Sebagaimana diketahui, beberapa artis Tanah Air memang diketahui nekat banting stir masuk ke ranah politik, sebut saja Giring Ganesha. Ia rela mengundurkan diri sebagai vokalis band Nidji demi beralih menjadi politikus.

Jauh sebelum Giring, ada beberapa artis lain yang juga memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan meninggalkan dunia hiburan yang telah membesarkan namanya. Mereka adalah Angel Lelga, Ingrid Kansil, Venna Melinda, Anang Hermansyah, Tantowi Yahya hingga Rieke Dyah Pitaloka.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini