nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Bom Surabaya, Atiqah Hasiholan: Agama Paling Mudah Jadi Alat Adu Domba

Hana Futari, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 12:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 14 33 1898002 soal-bom-surabaya-atiqah-hasiholan-agama-paling-mudah-jadi-alat-adu-domba-oZSxSPVwCG.jpg Foto: Instagram

JAKARTA - Kejadian terorisme di Kota Surabaya yang terjadi pada Minggu (13/5/2018) masih menjadi perhatian publik. Bahkan, aktris Atiqah Hasiholan pun ikut menanggapi kejadian mencekam tersebut.

Melalui akun Instagram pribadinya, Atiqah menyampaikan rasa duka citanya terkait pengeboman di Kota Pahlawan itu. Atiqah juga meminta masyarakat Indonesia untuk membagikan pengetahuan mereka mengenai teror bom ini.

“Bagaimana kita melawan tanpa tau permainan yang sedang dimainkan? Apakah ini semata agama? Apakah ini politik? atau yang lain? Pengeboman, 2018, Indonesia. Saya berduka,” tulis Atiqah di Instagramnya, Senin (14/5/2018).

(Baca juga: Menyusui, Atiqah Hasiolan Bulatkan Tekad Tetap Puasa Ramadan 2018)

Menurut istri dari Rio Dewanto ini, agama merupakan hal yang sangat mudah untuk dijadikan alat adu domba. Pasalnya, agama adalah hal yang sangat sensitif yang sangat personal. Terlebih, bagi sebagian besar masyarakat, agama adalah pegangan hidup dan alasan untuk terus hidup.

Atiqah pun berpandangan bahwa di negara-negara dengan konflik berkepanjangan seolah dibuat peperangan antar agama yang tidak berkesudahan. Padahal konflik tersebut bersumber pada adalah perebutan wilayah kekuasaan semata.

“Mungkinkah tidak ada satupun titik kekuasaan yang tidak tau apa sebenernya permainan yang sedang digulirkan? Bagaimana kita akan melawannnya tanpa tau pasti akar permasalahannnya? atau hanya sekedar tau akar permasalah yang seolah olah ‘mereka’ ciptakan?” ujar wanita berusia 36 tahun itu.

“Mari kita hentikan ‘permainan’ ini dengan meminta hak kita untuk tau. Tolong bagikan pengetahuan kalian kalau menurut kalian ada cara untuk melakukan ini,” pungkas putri seniman Ratna Sarumpaet ini.

(Baca juga: Dibanding Belanja, Atiqah Hasiolan Lebih Tertarik Budaya Korea Selatan)

Melihat unggahan Atiqah, para warganet pun seakan berlomba-lomba untuk ikut mengutarakan pendapatnya. Seperti beberapa komentar berikut ini.

“Sama-sama mulai kenali orang di lingkungan sekitar. Kenali tetangga kanan kiri belakang depan rumah masing masing. Jika ada yang aktivitas yang mencurigakan jangan ragu untuk laporkan,” tulis akun @diannegaraf.

“Bisa jadi Ini kombinasi dari ke duanya.. Tinggal bagaimana kita menyikapi jangan terprovokasi. Mari kita dukung pemerintah untuk perangi terorisme,” sahut pemilik akun @prilla_27.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini